Tempat Wisata Di Indonesia Paling Populer Dimata Wisatawan

Ada banyak sekali tempat wisata di Indonesia, beberapa diantaranya sangat populer baik didalam maupun luar negeri. Sehingga tempat-tempat wisata tersebut kerap kali dikunjungi secara reguler pada saat weekend ataupun liburan. Indonesia tidak hanya memiliki tempat wisata dengan keindahan alam yang menakjubkan melainkan juga kehangatan warga masyarakat sekitar obyek wisata tersebut sehingga membuat para wisatawan merasa berada dirumahnya sendiri. Dan inilah tempat-tempat wisata di Indonesia paling populer dimata wisatawan domestik maupun mancanegara.

Tempat Wisata Di IndonesiaSource : http://www.flickr.com/photos/katherinewells/3900756840/

1. Sabang, Pulau Weh

Pulau Weh (Nangroe Aceh Darussalam) merupakan pulau paling barat negara Indonesia dengan kota terbesarnya yaitu Kota Sabang. Dengan title “daerah paling barat” Indonesia tersebut, banyak sekali turis yang ingin berkunjung ke Pulau Weh, terlebih daerah ini juga memiliki beberapa tempat pariwisata yang indah untuk dikunjungi. Pulau Weh juga dikenal dengan tempat menyelam terbaik di negeri ini karena terumbu karangnya yang indah.

2. Danau Toba, Pulau Samosir

Pulau Sumatera banyak sekali menyuguhkan keindahan tempat-tempat wisata, diantaranya Pulau Samosir dan Danau Toba. Pulau Samosir adalah pulau ditengah Danau Toba dimana jarang sekali ada pulau ditengah danau didunia ini ,sedangkan Danau Toba merupakan danau terbesar yang ada dinegeri ini. Disana anda tidak hanya bisa menikmati keindahan alam Danau Toba saja, melainkan juga bisa mempelajari kebudayaan setempat.

3. Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat

Kepulauan Mentawai merupakan tempat wisata di Indonesia yang banyak dikenal oleh wisatawan, bukan saja wisatawan lokal melainkan juga wisatawan mancanegara. Kepulauan Mentawai merupakan salah satu tempat surfing terbaik didunia karena besar dan indahnya ombak disana. Kepulauan Mentawai tidak hanya menawarkan keindahan alamnya saja melainkan juga keramah-tamahan masyarakat setempat dengan budaya tradisionalnya.

4. Pulau Belitung, Prov Babel

Dewasa ini, Pulau Belitung tidak hanya dikenal sebagai daerah penghasil timah melainkan juga daerah destinasi wisata. Pulau Belitung menjadi “bahan perbincangan” setelah menjadi setting tempat salah satu film Box Office Indonesia, yaitu Laskar Pelangi. Pulau Belitung memang sangat indah, terutama bagian pantainya yang memiliki pasir-pasir putih yang lembuh serta batu-batuan granit besar yang artistik. Jangan lupakan juga kuliner asli Belitung, terutama Mie Belitung.

5. Kota Bandung, Jawa Barat

Kota Bandung adalah daerah wisata di Indonesia yang bisa dibilang paling lengkap karena menyediakan berbagai macam jenis wisata, seperti wisata rekreasi, wisata budaya, wisata belanja, dan juga wisata kuliner. Bandung akan ramai dikunjungi para wisatawan ketika weekend sabtu dan minggu serta hari-hari libur nasional. Wisatawan yang datang ke Bandung berasal dari berbagai daerah, seperti Kota Jakarta, Bogor, Cirebon, dan kota-kota lain serta ada pula yang dari luar negeri.

6. Kota Jogja, Yogyakarta

Selain Kota Bandung, Kota Jogja juga merupakan daerah destinasi wisata yang popular di Pulau Jawa. Tempat-tempat wisata yang populer di Jogja antara lain Daerah Malioboro, Candi Prambanan, Pantai Patangtritis, dan tempat-tempat lainnya. Sama seperti di Kota Bandung, Kota Jogja tidak hanya menyajikan wisata rekreasi ke tempat-tempat yang dengan pemandangan yang indah melainkan juga wisata budaya, wisata belanja, dan juga wisata kuliner.

7. Candi Borobudur, Magelang

Candi Borobudur merupakan candi umat Buddha terbesar didunia yang terletak di Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Dulu, candi ini masuk dalam 7 keajaiban dunia bersama Menara Eifel (Prancis), Menara Pisa dan Colosseum (Italia), Piramida (Mesir), Taj Mahal (India) dan Tembok Besar China (RRC). Candi Borobudur merupakan salah satu situs warisan dunia UNESCO yang harus senentiasa kita jaga kelestariannya karena memiliki nilai sejarah dan budaya yang tinggi.

8. Gunung Bromo, Jawa Timur

Untuk para pencinta alam, utamanya para pendaki gunung, Bromo merupakan salah satu gunung yang wajib untuk ditaklukan karena memiliki pemandangan alam yang sangat luar biasa. Keindahan pemdangan alam sekitar Gunung Bromo tidak hanya diketahui oleh wisatawan lokal saja, melainkan juga oleh wisatawan mancanegara. Menariknya, Gunung ini senatiasa dikunjungi banyak wisatawan meskipun statusnya adalah gunung berapi aktif.

9. Pulau Bali

Sudah menjadi rahasia umum, Jika Pulau Bali merupakan salah satu tempat wisata paling populer di Indonesia. Bahkan, Pulau Bali jauh lebih populer daripada negaranya sendiri, yaitu Indonesia. Sektor pariwisata merupakan sektor andalan bagi Pulau Dewata. Tempat-tempat favorit bagi para wisatawan dipulau ini antara lain Pantai Kuta, Pantai Sanur, Pantai Nusa Dua, Patung Garuda Wisnu Kencana, Pura Luhur Uluwatu, Pasar Sukowati, Daerah Ubud, dan tempat-tempat favorit lainnya.

10. Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat

Selain Pulau Bali, wilayah Sunda Kecil lainnya pun memiliki daerah wisata yang banyak dikunjungi para wisatawan. Ya, salah satunya adalah Pulau Lombok yang memiliki keindahan alam yang tidak kalah indahnya dengan Pulau Dewata. Tempat wisata yang wajib dikunjungi di Pulau Lombok antara lain Pantai Senggigi, Tiga Gili Lombok, Pantai Kuta Lombok, Pantai Surga, Panta Cemara, Danau Segara Anak dan tempat-tempat wisata lainnya.

11. Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur

Setelah mendapatkan pemberitaan yang luar biasa dari berbagai media baik dalam dan luar negeri karena keikutsertaannya diajang pemilihan 7 Keajaiban Dunia New7Wonders, Pulau Komodo menjadi daerah wisata dinegeri ini yang sering dikunjungi. Wisatawan yang datang tidak hanya dari dalam melainkan juga dari luar negeri. Sebagian besar mereka ingin melihat satwa langka Komodo dan juga keindahan alam Pulau Komodo dan pulau-pulau sekitarnya.

12. Taman Nasional Wakatobi, Sulawesi Tenggara

Indonesia dikenal memiliki tempat-tempat wisata bawah laut yang luar biasa, salah satunya adalah Wakatobi di Sulawesi Tenggara. Keindahannya sudah tersohor ke dunia internasional, bahkan tidak sedikit yang menyebutkan bahwa Wakatobi merupakan tempat menyelam paling indah didunia. Wakatobi tidak hanya menawarkan keindahan bawah lautnya saja melainkan juga pesona alam didaratnya serta keramah-tamahan warga sekitar.

13. Taman Laut Bunaken, Sulawesi Utara

Coba tebak, apa nama tempat wisata paling populer di Sulawesi Utara? Jawabannya sudah tentu Taman Laut Bunaken. Bunaken merupakan salah satu taman bawah laut terbaik di Indonesia bahkan didunia karena memeliki keindahan alam dan keanekaragaman species. Bunaken disebut-sebut sebagai surga bawah laut oleh para penyelam internasional. Bunaken juga bukan hanya tempat wisata bawah laut, melainkan juga sebuah pengalaman menyelam.

14. Kepulauan Raja Ampat, Papua Barat

Kepulauan Raja Ampat merupakan salah satu destinasi wisata Indonesia yang akhir-akhir ini sering sekali dibicarakan dimedia internasional karena memiliki keindahan yang luar biasa. Raja Ampat disebut-sebut sebagai tempat menyelam (Dive Spot) terbaik didunia karena keindahan alam dan keanekaragaman flora fauna bawah lautnya. Wisatawan tidak hanya dimanjakan dengan keindahan alamnya saja melainkan juga kehangatan warga masyarakat sekitar.

15. Carstenz Pyramid, Papua.

Carstenz Pyramid merupakan puncak pegunungan Jaya Wijaya yang menjadi satu dari tujuh puncak dunia (The Seven Summits). Sebagai puncak gunung tertinggi dikawasan Oceania, Carstenz Pyramid senantiasa masuk daftar nama puncak gunung yang harus ditaklukan para pendaki gunung. Setidaknya, puluhan pendaki gunung asal Indonesia dan ratusan pendaki gunung asal luar negeri mencoba untuk mengeksplorasi Carstenz Pyramid setiap tahunnya.

Selain ke-15 tempat wisata tersebut, tentunya Indonesia masih memiliki tempat-tempat wisata lainnya yang seringkali dikunjungi para wisatawan seperti Gunung Kerinci (Jambi), Monumen Nasional di Jakarta, Gunung Bromo di Jawa Timur, dan lain-lain. Diharapkan peran serta semua pihak baik pemerintah, swasta maupun masyarakat untuk senantiasa menjaga keindahan dan kelestarian tempat-tempat wisata di Indonesia tersebut.

2 thoughts on “Tempat Wisata Di Indonesia Paling Populer Dimata Wisatawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*