Sumber Daya Alam Indonesia Pendongkrak Devisa Negara

Sumber daya alam Indonesia sangat luar biasa, sehingga tidak heran jika Indonesia disebut-sebut sebagai “potongan surga yang jatuh ke bumi”. Hal tersebut tidak lain dan tidak bukan karena apapun bisa didapat di Indonesia. Kekayaan Indonesia ini seharusnya bisa dijadikan sebagai alat untuk mendongkrak tingkat kesejahteraan masyarakat Indonesia. Dan inilah sumber-sumber daya alam Indonesia pendongkrak devisa negara:

Lake Sentarum, West Kalimantan - Indonesia, 2009. ©Center For International Forestry Research/Tim Croninhttp://www.flickr.com/photos/cifor/5685438139/

1. Kelapa Sawit

Kelapa sawit atau yang dikenal sebagai Crued Palm Oil (CPO) didunia internasional merupakan komoditas andalan Indonesia untuk ekspor non migas. Indonesia merupakan negara pengekspor terbesar kelapa sawit yang kemudian disusul oleh Malaysia dan papua New Guinea, sedangkan untuk negara tujuan ekspor kelapa sawit Indonesia antara lain India, China dan Amerika Serikat. Ekspor CPO Indonesia diharapkan dapat senantiasa ditingkatkan dari tahun ke tahunnya.

2. Karet

Karet merupakan salah satu komoditas perkebunan yang diandalakan Indonesia untuk memberikan kontribusi lebih kepada pendapatan negara. Negara-negara yang berada di Asia Tenggara seperti Indonesia, Thailand, dan Malaysia merupakan eksportir karet terbesar didunia sedangkan importir terbesarnya adalah China, India, dan negara-negara Asia Pasifik lainnya. Meskipun Indonesia merupakan pengekspor karet terbesar, tetap saja mutu produk karet harus senantiasa ditingkatkan.

3. Kakao

Hasil perkebunan Indonesia lainnya yang menjadi salah satu penyumbang pemasukan negara adalah Kakao. Meskipun angka yang masuk ke kantung kas Indonesia terbilang besar namun nampaknya kualitas ekspor produk ini belum dioptimalkan. Produk ekspor Kakao Indonesia didunia internasional masih dipandang bermutu rendah sehingga harga jual kakao pun turun drastis. Disini diharapkan peran aktif pemerintah guna meningkatkan mutu produk kakao sehingga bisa meningkatkan harga jualnya.

4. Kopi

Saya menyakini bahwa sebagian dari anda tentu menyukai kopi atau paling tidak pernah minum kopi, bukan begitu? Kopi sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia yang tak terpisahkan dan bahkan dibeberapa tempat kopi sudah menjadi sebuah budaya (budaya minum kopi). Perlu diketahui bahwa Indonesia merupakan produsen kopi terbesar ke-3 didunia, pertama adalah Brazil dan kedua adalah Vietnam. Amerika Serikat, Jepang, dan Uni Eropa merupakan negara-negara importir kopi dari Indonesia.

5. Teh

Salah satu sumber daya alam Indonesia yang memberikan sumbangan besar terhadap pendapatan negarah adalah teh. Hasil perkebunan yang satu ini tidak hanya memberikan devisa negara (eskpor) juga memberikan lapangan kerja terhadap masyarakat sekitar perkebunan. Lagi-lagi kualitas produk ekspor teh ini menjadi kelemahan bagi Indonesia, kualitas teh Indonesia terbilang rendah dibandingkan dengan produk teh asal China, India, Sri Lanka, dan juga Kenya.

6. Lada

Sejak zaman dahulu hingga sekarang, lada merupakan salah satu komoditas yang “paling dicari” terutama untuk bangsa-bangsa Eropa. Itu merupakan salah satu alasan kenapa Portugis dan Spanyol (kemudian disusul oleh Belanda) datang ke nusantara. Saat ini, potensi perdagangan lada secara internasional sangat besar akan tetapi Indonesia masih belum bisa memenuhi permintaan dunia tersebut. Sentra produksi lada di Indonesia ada di Bangka Belitung dan Maluku.

7. Pala

Selain lada, produk rempah yang menjadi unggulan Indonesia untuk ekspor adalah pala. Sebagai negara pengekspor pala, Indonesia sangat diuntungkan dengan dua hal ini. Pertama, permintaan akan pala secara global senantiasa meningkat dari tahun ke tahun. Kedua, Indonesia dikenal sebagai negara yang memproduksi pala (rempah) dengan kualitas yang bagus. Pemerintah diharapkan lebih aktif menjemput bola guna meningkatkan kualitas dan volume ekspor produk ini.

8. Tembakau

Tembakau merupakan salah satu komoditas ekspor andalan Indonesia dalam meningkatkan devisa negara. Salah satu negara pengekspor tembakau terbesar dunia adalah Indonesia dengan memasok lebih dari 1/3 permintaan tembakau dunia. Kualitas produk tembakau Indonesia diakui sangat baik dimata internasional. Amerika Serikat, Uni Eropa, dan China merupakan negara-negara tujuan ekspor tembakau Indonesia. Diharapkan Indonesia bisa membuka pasar lebih luas ditahun-tahun mendatang.

9. Minyak Atsiri

Indonesia adalah negara produsen minyak atsiri terbesar dunia dengan menyumplai sekitar 85% kebutuhan minyak atsiri global. Sebenarnya peluang untuk minyak atsiri masih besar karena permintaan dunia semakin besar. Saat ini, sentra industri minyak atsiri di Indonesia hanya di Pulau Sumatera dan Jawa. Peluang itu masih bisa kita manfaatkan dengan mambuka industri-industri minyak atsiri di Pulau Kalimantan, Sulawesi, bali, Nusa Tenggara, Maluku dan juga Papua.

10. Kayu

Kualitas produk kayu dari Indonesia diakui sebagai salah satu yang terbaik dipasar internasional, ini berdampak baik terhadap ekspor kayu Indonesia. Kayu dan produk olahannya memiliki peranan penting didalam kehidupan manusia seperti mebel, furniture, kertas, dll. Negera-negara importir kayu asal Indonesia antara lain Jepang, China, Korea, dan Taiwan. Sedangkan negara-negara importir olahan kayu asal indonesia antara lain Amerika Serikat dan negara-negara Eropa.

11. Ikan

Indonesia tidak hanya dikenal sebagai negara agraris tetapi juga negara maritim, hal ini karena 2/3 luas wilayah Indonesia adalah laut. Sebagai negara dengan luas laut yang besar tentu ini menguntungkan bagi Indonesia karena hasil-hasil laut kita yang melimpah ruah bisa digunakan untuk kemakmuran rakyat Indonesia, salah satunya adalah Ikan. Jepang, Korea, China dan negara-negara dikawasan Asia Timur lainnya merupakan negara-negara yang senantiasa mengimpor ikan dari Indonesia, tentu ikan yang berkualitas tinggi.

12. Udang

Produk perikanan lainnya yang diminati pasar global adalah udang. Nampaknya udang asal Indonesia mempunyai tempat tersendiri dikalangan konsumen internasional dan semakin lama semakin diminati. Hal ini tidak terjadi secara tiba-tiba, ini adalah kristalisasi keringat dari setiap stakeholder yang ada diindustri ini, seperti pemerintah, swasta, dan juga penambak. Amerika Serikat, Uni Eropa, dan Jepang merupakan pasar utama udang yang berasal dari Indonesia.

13. Batu bara

Indonesia dianugerahi Tuhan dengan kekayaan alamnya yang sungguh luar biasa, salah satunya adalah batu bara (produk pertambangan). Indonesia merupakan negara produsen batu bara terbesar ke-5 didunia setelah China, Amerika Serikat, India, dan Australia. Sebagian besar batu bara yang dihasilkan dari bumi Indonesia dialokasikan untuk keperluan industri besar, pembangkit listrik dan komoditas ekspor. Negara tujuan ekspor batu bara Indonesia antara lain China, India, Jepang, Korea Selatan, dan Taiwan.

14. Besi Baja

Sumber daya alam Indonesia lainnya yang memiliki peran penting bagi penerimaan dan pendapatan negara adalah besi dan baja. PT Krakatau Steel adalah perusahaan plat merah yang mengolah biji besi menjadi produk besi dan baja, ini akan jauh memberikan nilai tambah ketimbang jika menjual (ekspor) dalam bentuk biji besi. Negara-negara yang mengimpor produk besi dan baja dari Indonesia diantaranya Jepang, Australias dan negara-negara ASEAN.

15. Timah

Timah merupakan salah satu produk ekspor unggulan Indonesia yang senantiasa berkontribusi terhadap perolehan nilai ekspor Indonesia. Indonesia memiliki peranan penting didalam pasar timah internasional karena Indonesia merupakan negara eksportir timah terbesar didunia. Negara tujuan ekspor timah Indonesia antara lain China Jepang, Korea, Singapura, Taiwan, Inggris, Prancis, Spanyol, Belanda, Italia, Amerika Serikat dan juga Kanada.

Sebenarnya masih banyak sumber-sumber daya alam Indonesia yang berkontribusi terhadap devisa negara, antara lain cengkeh, kina, bandeng, tuna, cakalang, alumunium, tembaga, emas, dan masih banyak lagi. Indonesia juga tidak hanya mengekspor bahan mentah melainkan juga barang jadi seperti produk elektronik, otomotif, semen, tekstil, dan pakaian jadi. Kita berharap Indonesia dapat mengoptimalkan potensi-potensi sumber daya alamnya sehingga bisa mensejahterakan masyarakat Indonesia pada umumnya.

11 thoughts on “Sumber Daya Alam Indonesia Pendongkrak Devisa Negara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*