35 Sekolah SMA Terbaik di Indonesia Versi Depdiknas (Kemendiknas)

Sekolah SMA terbaik di Indonesia begitu banyak, tiap-tiap daerah atau provinsi memilikinya. Tetapi sebenarnya kata “terbaik” itu bersifat relatif, artinya jika seseorang menganggap sekolah itu terbaik maka orang lain belum tentu menganggapnya terbaik. Dan tulisan ini akan menginformasikan secara singkat daftar nama-nama sekolah SMA terbaik di Indonesia versi Depdiknas (Kemendiknas), silahkan disimak informasinya baik-baik.

SMA Terbaik di IndonesiaSource : https://www.flickr.com/photos/dusolas/448193173/?rb=1

Sekolah SMA Terbaik di Indonesia

Inilah Nama-nama Sekolah SMA Terbaik di Indonesia

Baru-baru ini Depdiknas (Kemendiknas) mengumumkan sekolah-sekolah SMA terbaik di Indonesia yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Ini merupakan sebuah rujukan yang baik untuk mereka-mereka yang baru lulus SMP. Sekolah terbaik disini tidak hanya sekolah yang hanya unggul dibidang akademik dan non-akademik saja, melainkan juga kebersihan lingkungannya, suasana belajar-mengajarnya menyenangkan, serta tenaga pendidik dan sarana-prasaranya (inrastruktur) sesuai Standar Nasional Pendidikan (SNP).

  1. SMAN 3 Bandung (Jawa Barat)
  2. SMA Taruna Nusantara (Jawa Tengah)
  3. SMAN 1 Denpasar (Bali)
  4. SMAN 4 Kendari (Sulawesi Tenggara)
  5. SMA Plus Riau (Riau)
  6. SMAN 1 Padang (Sumatera Barat)
  7. SMAN 3 Yogyakarta (DI Yogyakarta)
  8. SMAN 3 Malang (Jawa Timur)
  9. SMAN 1 Bogor (Jawa Barat)
  10. SMAN 1 Purwokerto (Jawa Tengah)
  11. SMA Labschool Jakarta (DKI Jakarta)
  12. SMA Al Azhar BSD, Tangerang (Banten)
  13. SMA Al Azhar Kelapa Gading (DKI Jakarta)
  14. SMA 81 Jakarta (DKI Jakarta)
  15. SMAN 5 Surabaya (Jawa Timur)
  16. SMAN 5 Bandung (Jawa Barat)
  17. SMAN 1 Garut (Jawa Barat)
  18. SMAN 1 Tasikmalaya (Jawa Barat)
  19. SMAN 1 Purwakarta (Jawa Barat)
  20. MAN 3 Semarang (Jawa Tengah)
  21. SMAN 5 Mataram (Nusa Tenggara Barat)
  22. SMAN 4 Denpasar (Bali)
  23. SMAN 1 Samarinda (Kalimantan Timur)
  24. SMAN 1 Magelang (Jawa Tengah)
  25. SMA Regina Pacis Surakarta (DKI Jakarta)
  26. SMAN 2 Temanggung (Jawa Tengah)
  27. SMAN 3 Surakarta (Jawa Tengah)
  28. SMAN 1 Kediri (Jawa Timur)
  29. SMAN 1 Sooko, Mojokerto (Jawa Timur)
  30. SMAN 2 Mojokerto (Jawa Timur)
  31. SMAN 1 Pamekasan  (Jawa Timur)
  32. SMAN 1 Boyolangu (Jawa Timur)
  33. SMAN 1 Way Jepara (Lampung)
  34. SMA Santo Petrus (Kalimantan Barat)
  35. SMAN 2 Tinggi Moncong, Gowa (Sulawesi Selatan)

Sekolahmu Masuk SMA Terbaik di Indonesia Diatas?

Itulah daftar nama-nama sekolah SMA terbaik di Indonesia versi Depdiknas (Kemendiknas). Dari data tersebut kita bisa menyimpulkan bahwa mayoritas SMA terbaik di Indonesia berada di Pulau Jawa. Semoga kedepannya kualitas dan kuantitas pendidikan bisa merata diseluruh Indonesia sehingga kelak sekolah-sekolah terbaik tidak hanya dari Pulau Jawa saja.

Sumber : http://www.pendidikan-diy.go.id/dinas_v4/?view=v_berita&id_sub=3223

103 thoughts on “35 Sekolah SMA Terbaik di Indonesia Versi Depdiknas (Kemendiknas)

  1. Al Azhar kelapa gading / Alazka dan Labschoo rintisan UNJ mereka sekolah swasta tapi favorit di jakarta , lokasinya berdekatan lagi , tapi yg jelas sekolah favorit tidak terpusat di jakarta , tapi tersebar tandanya guru nya bagus dalam mengajar .

  2. List ini valid? Dl ada list 35 SMA terbaik dan ternyata ga valid
    m.liputan6.com/news/read/2091077/beredar-daftar-sma-terbaik-kemendikbud-kami-tak-buat-ranking

  3. pak sekolah bukan dilihat dari infrastruturnya pak tapi dilihat anak setelah lulus bisa apa dan kemana. itu dulu klu dilihat dari fasilitas, tolong pak mentri diperhatikan untuk pemberian bantuan fasilitas sekolah tolong pemberian bantuan yang merata jangan hanya dibeberapa tempat saja. masih banyak sekolah yg memmbutuhkan bantuan agar menunjang proses pembelajaran agar perserta didik dapat berprestasi. biar sama dengan versi yg bapak keluarkan.

    • .
      makanya tanya Gubernurnya si Ahong….Kpn segera di bangun gedung baruuu ???? . Kebanjiran saja jagonya kayak gitu. Gmn gak kebanjiran ???… Tambah kampiun laaahh.
      Lagian. Mau gw denger mau di pindah ya, udah ada lokasi di kawasan Epicentrum Kuningan….
      Hadeeehhh, makin favorit aja deh.
      Murid pinter, pandai-pandai, Gedung Baru, Lokasi elite….Kebanting dahhh yg lain

  4. Parameter terbaiknya ap?? Mnding nyekolahin anak dswasta dhh….mhl dikit tp anak lbh mndri dewasa dan bs mnata hidupny lbh baik.. ap lg utk sklh setingkt sd smp swasta lbh ok bro…

    • .
      Berarti pak nilai lo asal lulus saja. Tujuan lo belajar yg penting gua lulus, ke angkut. tapi….Sorry, No buat gua. Gw hrs dapet essensi dari proses belajar

  5. HOAX…..HOAK…. Kemendikbud tidak buat rangking

    Liputan6.com, Jakarta – Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) membantah telah mengeluarkan ranking Sekolah Menengah Atas (SMA) terbaik. Hal ini menyusul beredarnya pesan yang berisi daftar 35 SMA terbaik di Indonesia yang mengklaim versi Kemendikbud.

    Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Ibnu Hamad mengatakan, informasi daftar nama SLTA terbaik tersebut sudah lama beredar sebelum Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

    "Kalau keterangan dari Direktur Pengembangan SMA, Pak Harris Iskandar, itu informasi yang sudah lama sebelum SNMPTN dan Kemdikbud tidak mengeluarkan ranking," tegas Ibnu kepada Liputan6.com, Kamis (14/8/2014).

    Maka itu, Kemendikbud mengimbau kepada masyarakat, khususnya para akademisi agar tetap fokus terhadap proses belajar mengajar di sekolah masing-masing.

    "Kami mengimbau agar masyarakat fokus pada proses pembelajarannya di sekolah masing-masing, tanpa harus memandang klasifikasi sekolah," imbau Ibnu.

  6. Wah skola aku masuk. Dulu aku di 8. Mmg sy akui anak 8 pinter-pinter. Kalo belajar ambis-ambiisss. Nemnya tinggi-tingi, Teman2 dulu banyak yg juara OSN disitu. Langganan medali Emas.
    Pandai-pandai. Apalagi kelas Aksel………wwiiiihhhh !!

  7. SMAN 5 Tasikmalaya juga unggulan, buktinya prestasi susulan terus sama mantan RSBI di Tasik.

  8. SMAN 8 Jakarta. Soalnya barusan gw liat SNMPTN 2015 (Jalur undangan/rapor) ada 152 anak. Itu tulis lum menggelegar smua tuh

  9. aneh juga ya … SMA yg punya reputasi international seperti BPK Penabur gak masuk daftar. Padahal mereka penyumbang medali emas di beberapa olympiade matematika dan fisika.

  10. sy patokannya alumni sma yg langganan jd finalis TOFI atau masuk Ivy Leagues di USA . minimal ITB atau FK UI, seperti, Kanisius,SMA BPK 1 jkt,Tarnus,SMA 3 bdg, sma 8 jkt,sma 1 solo,sma 4 denpasar,De Britto Yogya,Ursula JKT Dan BSD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*