Memahami Pentingnya Peran dan Fungsi Hutan di Indonesia

Sudah seharunya kita bersyukur bahwa Indonesia memiliki hamparan hutan yang sangat luas, menurut data bahwa luas hutan kita lebih dari setengah luas wilayah Indonesia. Sayangnya, semakin hari hutan kita semakin gundul karena derasnya laju deforestasi (kerusakan hutan). Perlu disadari bahwa kerusakan hutan Indonesia melebihi angka setengah juta hektar setiap tahunnya dan menempatkan Indonesia sebagai negara terbesar ketiga dalam deforestasi hutan. Penyebabnya tentu sangat banyak salah satunya adalah kekurangpahaman sebagian masyarakat kita terhadap pentingnya hutan bagi kehidupan, dan untuk itu mari kita simak baik-baik pembasahan seputar peran dan fungsi hutan di Indonesia.

Fungsi Hutan IndonesiaSource : http://www.flickr.com/photos/ikhlasulamal/4775171539/

1. Hutan Sebagai Paru-paru Dunia

Hutan sebagai paru-paru dunia merupakan kata kiasan (konotatif) yang artinya hutan memiliki peran yang hampir sama dengan paru-paru manusia yaitu merubah suatu zat (gas) tertentu menjadi zat (gas) lainnya. Didalam hutan terdapat banyak sekali tumbuhan yang mampu menyerap gas karbon dioksida dan mengeluarkan gas oksigen ( zat yang penting bagi manusia).

2. Mengurangi Polusi dan Pencemaran Udara

Fungsi hutan lainnya yang adalah mengurangi tingkat polusi dan pencemaran udara. Hutan dapat menahan dan menyaring partikel-partikel padat diudara seperti debu, hutan juga menyerap berbagai zat yang bisa meracuni manusia seperti gas karbon monoksida dan karbon dioksida. Dan yang terpenting, hutan menghasilkan gas oksigen yang bermanfaat bagi manusia.

3. Tempat Penyimpanan Air Dalam Jumlah Besar

Salah satu faktor yang menjadi penyebab tersedianya banyak air dibeberapa daerah di Indonesia karena disana masih memiliki hutan yang lebat. Sebagai mana yang kita tahu bahwa dihutan banyak sekali tumbuhan, dan salah satu fungsi tumbuhan adalah untuk menyimpan air (didalam akarnya). Coba bayangkan kalau kita tidak punya hutan, mau dapat air darimana?

4. Mencegah Berbagai Bencana Alam

Salah satu fungsi hutan yang penting kita ketahui adalah hutan dapat mencegah berbagai bencana alam seperti erosi tanah, tanah longsor dan banjir. Bencana alam tersebut terjadi karena ketidakmampuan tanah dalam mengendalikan air dalam jumlah besar (karena tanahnya gundul). Dan hutan bisa menyangga air dan tanah agar bencana tersebut tidak terjadi.

5. Hutan Sebagai Sumber Plasma Nutfah

Hutan merupakan rumah besar bagi flora dan fauna Indonesia untuk tumbuh dan berkembang. Keanekaragaman hayati di Indonesia sungguh luar biasa, kita mendapatkan tittle sebagai negara dengan keanekaragaman hayati terlengkap kedua didunia setelah Brazil dengan Amazonnya. Bayangkan, jutaan bahkan milyaran species mahluk hidup ada dihutan Indonesia.

6. Tempat Rekreasi dan Kegiatan Sosial

Kini ada banyak hutan yang dijadikan sebagai tempat untuk rekreasi dan kegiatan sosial seperti di Kebun Raya Bogor dan Bumi Perkemahan Cibubur. Disana kita bisa melakukan kegiatan-kegiatan yang menyenangkan seperti gathering, meeting, camping, dan lain-lainnya. Kegiatan-kegiatan tersebut bisa membuat kita semakin dekat dengan hutandan ingin selalu menjaganya.

7. Hutan Sebagai Sumber Ekonomi Negara

Terakhir, hutan memiliki peran dan fungsi penting bagi Indonesia sebagai sumber pendapatan negara. Hutan Indonesia menghasilkan komoditas ekspor yang bernilai tinggi baik dalam bentuk bahan baku seperti kayu maupun dalam bentuk bahan jadi seperti kertas. Sayangnya hasil hutan kita tidak semua masuk kas negara, karena banyak sekali illegal logging di Indonesia.

Nah itulah pembahasan mengenai pentingnya peran dan fungsi hutan di Indonesia. Dari uraian diatas tentu kita dapat memahami bahwa keberadaan hutan Indonesia Indonesia sangatlah penting tidak hanya untuk kita sebagai manusia tetapi juga untuk mahluk hidup lainnya seperti flora dan fauna Indonesia. Untuk itu, kita berkewajiban untuk menjaga hutan Indonesia.

One thought on “Memahami Pentingnya Peran dan Fungsi Hutan di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*