Apa Penyebab dan Dampak Kebakaran Hutan Di Indonesia?

Kita patut bersyukur bahwa negeri ini dianugerahi oleh Tuhan YME dengan hamparan hutan yang sangat luas. Menurut data yang ada, Indonesia memiliki hutan terluas ke-2 didunia setelah Brazil dengan Amazon-nya. Sayangnya kita masih belum bisa menjaga hutan kita dengan sebaik-baiknya, semakin hari hutan Indonesia semakin rusak termasuk yang disebabkan oleh kebakaran hutan. Mau tahu penyebab dan dampak kebakaran hutan di Indonesia? dan inilah penjelasannya.

Kebakaran HutanSource : http://www.flickr.com/photos/ezee123/7294636772/

Penyebab Kebakaran Hutan di Indonesia

1. Cuaca Terik Pada Musim Kemarau

Salah satu faktor alam yang menyebabkan terjadinya kebakaran hutan adalah cuaca yang terik pada musim kemarau. Kejadian ini yang termasuk sering terjadi dihutan Indonesia khususnya pada periode April hingga September. Cuaca yang terik menyebabkan pohon-pohon menjadi kering terutama ilalang, ranting dan dedaunan dan ini sangat mudah sekali terbakar.

2. Sambaran Petir

Faktor alam lainnya yang menjadi sebab hutan kita terbakar adalah sambaran petir. Peristiwa ini lebih sering terjadi pada periode awal-awal musim penghujan tiba. Hutan yang kering akibat musim kemarau yang sangat panjang akan mudah sekali terbakar jika tersambar petir. Dan ini merupakan salah satu penyebab utamanya selain kecerobohan manusia dan pembakaran.

3. Kecerobohan Manusia

Penyebab kebakaran hutan di Indonesia tidak hanya karena faktor alam saja, melainkan juga karena faktor kelalaian atau kecerobohan manusia. Menurut catatan, beberapa hutan terbakar karena kelalaian manusia contohnya adalah lupa untuk mematikan api unggun ketika berkemah atau membuang puntung rokok sembarangan (disekitar hutan).

4. Alih Fungsi Lahan

Penyebab lainnya yang membuat hutan kita terbakar adalah alih fungsi lahan. Ini dilakukan oleh banyak perusahaan yang membakar hutan untuk membuat pabrik, hal ini dilakukan karena berbiaya jauh lebih murah dibandingkan menggunakan alat berat. Ini juga dilakukan masyarakat sekitar untuk membuka lahan pertanian dengan cara membakar hutan.

Dampak Kebakaran Hutan di Indonesia

1. Kebakaran hutan menyebakan polusi dan pencemaran udara. Gas emisi yang berupa karbon terlepas ke udara, dan ini bisa membahayakan manusia dan bahkan bisa menyebabkan kematian.

2. Dampak lain yang sering dirasakan manusia akibat terbakarnya hutan Indonesia adalah kesulitan untuk bernapas bahkan hingga terkena penyakit saluran pernapasan (ISPA)

3. Hutan yang terbakar akan melepaskan gas karbon monoksida ke atmosfer. Sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwa gas karbon monoksida merupakan penyebab pemanasan global.

4. Terbakarnya hutan menyebabkan persediaan oksigen manjadi menipis. Dalam hutan terdapat banyak pohon yang menghasilkan oksiden, kalau hutan terbakar tentu tidak ada oksigen, bukan?

5. Hutan merupakan “rumah” bagi flora dan fauna, jika hutan terbakar mereka tentu tidak punya “rumah” lagi. Ini merupakan salah satu penyebab kelangkaan beberapa flora fauna Indonesia.

6. Kebakaran hutan menyebakan suhu udara menjadi panas, dan ini berpegaruh kepada kota-kota yang disekitarnya. Dan hal tersebut akan membuat hidup kita menjadi tidak nyaman.

7. Hutan yang terbakar juga membuat potensi pendapatan dari hasil hutan menjadi berkurang, padahal hasil hutan bisa mendatangkan pendapatan yang terbilang besar.

8. Untuk sebagian masyarakat, hasil hutan adalah sumber mata pencaharian mereka. Jika hutan terbakar, maka tentulah mereka tidak akan mendapatkan penghasilan.

9. Peristiwa terbakarnya hutan akan membuat negara mengeluarkan uang yang tidak sedikit. Tentu uang ini akan jauh lebih bermanfaat jika digunakan untuk kesejahteraan warga.

10. Kebakaran hutan membuat image Indonesia dimata internasional menjadi buruk, Indonesia dianggap sebagai negara yang tidak “becus” dalam mengelola lingkungannya.

Itulah pembahasan mengenai penyebab dan dampak kebakaran hutan yang terjadi di Indonesia. Oleh karena itu kita harus bisa menjaga kelestarian hutan Indonesia dan meminimalisir penyebab-penyebabnya yang timbul karena manusia. Dari uraian diatas kita juga dapat mengetahui betapa buruknya dampak yang ditimbulkan akibat hutan Indonesia yang terbakar. KIta semua tentu berharap agar peristiwa kebakaran hutan di Indonesia tidak terjadi lagi.

5 thoughts on “Apa Penyebab dan Dampak Kebakaran Hutan Di Indonesia?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*