Berbagai Macam Penyebab Bencana Alam Banjir di Indonesia

Bencana alam banjir merupakan fenomena alam yang sudah lumrah terjadi di Indonesia. Jika musim penghujan datang, pasti ada saja daerah-daerah di Indonesia yang terkena banjir seperti yang terjadi di Jakarta dan Bandung. Secara umum banjir disebabkan oleh dua faktor yaitu peristiwa alam dan juga peran manusia. Dan inilah penjelasan secara lebih rinci mengenai berbagai macam penyebab bencana alam banjir yang terjadi di Indonesia ini:

Bencana Alam BanjirSource : http://www.flickr.com/photos/dispenad/8471508671/

1. Curah Hujan Tinggi

Salah satu faktor peristiwa alam yang signifikan pengaruhnya terhadap terjadinya bencana banjir adalah tingkat curah hujan yang tinggi. Gambarannya adalah jika curah hujan tinggi terjadi di Bogor bukan tidak mungkin akan terjadi banjir di Jakarta. Kondisi seperti ini sangat sulit untuk dicegah tetapi bisa dilakukan antisipasi seperti membuat kanal pengendali banjir.

2. Lahan Gundul

Lahan gundul merupakan salah satu faktor dominan yang membuat bencana banjir seringkali terjadi di Indonesia. Inilah akibat dari penebangan hutan secara liar yang dilakukan oleh segelintir orang yang hanya mementingkan kepentingan diri dan golongannya saja. Kini banyak hutan yang sudah tidak mampu manampung air dalam jumlah besar dan akhirnya mengakibatkan banjir.

3. Alih Fungsi Lahan

Tidak jauh berbeda seperti hutan gundul, alih fungsi lahan juga merupakan salah satu penyebab utama terjadinya banjir didaerah hilir. Pada umunya terjadinya alih fungsi lahan adalah motif ekonomi, mereka mendirikan bangunan-bangunan atau properti lainnya demi keuntungan mereka. Padahal kita semua tahu daerah hulu merupakan daerah tempat penampungan air dalam jumlah besar.

4. Erosi Tanah

Hal lain yang bisa menyebabkan terjadinya bencana banjir adalah erosi tanah. Hujan yang terjadi terus menerus menyebabkan tanah terbawa oleh air dalam jumlah yang sangat besar sehingga hanya menyisakan bebatuan saja. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa bebatuan ini tidak bisa menyimpan air, dan jika terjadi hujan besar makan air akan terus mengalir menjadi banjir.

5. Pendangkalan Sungai.

Pendangkalan sungai atau yang biasa disebut sedimentasi merupakan salah satu faktor penyebab banjir di Indonesia ini. Sedimentasi ini bisa terjadi dikarenakan banyak hal, salah satunya adalah kebiasaan masyarakat membuang sampah disungai. Jika terjadi pendangkalan maka volume air yang bisa dialirkan akan menjadi sedikit sehingga memungkinkan terjadinya banjir.

6. Rusaknya Saluran Air

Rusaknya saluran air seperti selokan, parit, sungai dan lain-lainnya itu bisa saja menyebabkan banjir. Oleh sebab itu, kita sebagai masyarakat harus sigap memperbaiki jika sewaktu-waktu saluran air yang berada disekitar lingkungan rumah kita rusak. Rusaknya saluran air menyebabkan air meluap dimusim penghujan dan ini bisa menyebabkan banjir.

7. Rusaknya Bendungan

Sama halnya seperti rusaknya saluran air, rusaknya bendungan juga bisa menyebabkan bencana alam banjir. Air yang mengalir disungai dalam jumlah yang besar seharusnya dialirkan secara perlahan, dan inilah adalah fungsi dari bendungan sebagai infrastruktur pengendali banjir. Fungsi bendungan sangat vital, oleh sebab itu kita harus menjaga bendungan disekitar kita.

8. Membuang Sampah Sembarangan

Perilaku manusia yang bisa menyebabkan banjir adalah kebiasaan membuang sampah sembarangan. Sampah yang dibuang sembarangan akan menyumbat saluran-saluran air sehingga air meluap kemana-mana yang akhirnya menyebabkan banjir. Sampah juga menyebabkan sedimentasi disungai yang membuat sungai menjadi dangkal (penyebab banjir).

9. Daerah Bebatuan.

Kemungkinan terjadinya banjir didaerah bebatuan akan lebih sering terjadi dibandingkan didaerah-daerah lainnya, hal ini karena bebatuan memiliki daya serap air yang buruk sehingga tidak bisa menyerap air dengan volume yang besar. Menurut catatan daerah-daerah yang memiliki topografi bebatuan  seringkali tertimpa benca banjir kiriman atau banjir bandang.

10. Keadaan Tanah dan Tanaman.

Daerah-daerah dengan tanah yang subur dan tanaman tentu memiliki daya serap air yang baik sehingga kemungkinan tidak akan terjadi banjir. Sedangkan daerah-daerah yang tertutup semen, paving, aspal dan bahan-bahan lainnya sulit untuk menyerap air yang bisa menyebabkan banjir. Disinilah pentingnya menanam pohon dan membuat lingkungan sekitar kita menjadi hijau.

Itulah pembahasan mengenai 10 penyebab utama terjadinya bencana alam banjir di Indonesia ini. Perlu diingatkan bahwa banjir sulit untuk dicegah tetapi bisa dikendalikan, untuk itu kita harus bersama-sama berkontribusi agar banjir tidak terjadi lagi dengan melakukan berbagai macam hal sederhana seperti membuang sampah pada tempatnya dan merawat bendungan.

9 thoughts on “Berbagai Macam Penyebab Bencana Alam Banjir di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*