Pembagian Daerah Waktu di Indonesia

Sebagai negara yang luas, tentu terdapat pembagian daerah waktu di Indonesia. Indonesia terbentang dari 95⁰ Bujur Timur hingga 141⁰ Bujur Timur sehingga panjang total wilayah Indonesia menurut garis bujur adalah 46⁰. Secara matematis, jika dua daerah terpisah 15⁰ (garis bujur), maka kedua daerah tersebut memiliki perbedaan waktu 1 jam. Sehingga wilayah Indonesia terbagi menjadi tiga zona waktu karena memiliki panjang garis bujur hingga 46⁰. Tiga zona waktu tersebut antara lain :

Waktu di Indonesiahttps://commons.wikimedia.org/wiki/File:Indonesia_regions_map.png

1. Zona Waktu Indonesia Bagian Barat

Zona Waktu Indonesia bagian Barat biasa disingkat dengan sebutan WIB, zona ini memiliki perbedaan waktu 7 jam dengan GMT (Greenwich Mean Time). 18 Provinsi (daerah) berada dizona ini antara lain Provinsi Nangroe Acah Darussalam, Provinsi Sumatera Utara, Provinsi Sumatera Barat, Provinsi Riau, Provinsi Kepulauan Riau, Provinsi Jambi, Provinsi Sumatera Selatan, Provinsi Bangka Belitung, Provinsi Lampung, Provinsi DKI Jakarta, Provinsi Jawa Barat, Provinsi Banten, Provinsi Jawa Tengah, Provinsi DI Yogyakarta, Provinsi Jawa Timur, Provinsi Kalimantan  Barat, dan Provinsi Kalimantan Tengah.

2. Zona Waktu Indonesia Bagian Tengah

Zona ini biasa disebut WITA, yang memiliki perbedaan waktu 8 jam dengan GMT. Sebagai contoh, jika di London menunjukan pukul 00.00 berarti di Denpasar menunjukan pukul 08.00. Jika dibandingkan dengan waktu diwilayah Indonesia, WITA ini lebih satu jam dibandingkan WIB dan kurang satu jam dibandingkan WIT. Provinsi (daerah) yang termasuk kedalam zona WITA adalah Provinsi Bali, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Provinsi Kalimantan Utara, Provinsi Kalimantan Selatan, Provinsi Kalimantan Timur, Provinsi Sulawesi Barat, Provinsi Sulawesi Tengah, Provinsi Sulawesi Selatan, Provinsi Sulawesi Tenggara, Provinsi Sulawesi Utara, Provinsi Gorontalo.

3. Zona Waktu Indonesia Bagian Timur.

WIT adalah singkatan dari Waktu Indonesia bagian Timur, zona ini memiliki perbedaan waktu satu jam dengan WITA, dua jam dengan WIB dan 9 jam dengan GMT. Jika di Kota Manchester (Inggris) menunjukan pukul 00.00 berarti di Kota Jayapura menunjukan pukul 09.00. Terdapat empat provinsi besar yang berada dizona tersebut, antara lain Provinsi Maluku, Provinsi Maluku Utara, Provinsi Papua, dan juga Provinsi Papua Barat. Daerah-daerah yang berada dizona WIT selalu mengalami pergantian waktu terlebih dahulu dibanding dengan daerah-daerah dizona WITA dan WIT. Hal tersebut bisa kita saksikan ketika malam pergantian tahun (dilayar Tv) dimana Kota Jayapura merayakan terlebih dulu ketimbang Kota Jakarta.

Dari penjelasan diatas, dapat kita simpulkan bahwa pembagian daerah waktu di Indonesia terbagi menjadi 3 zona, yaitu WIB, WITA dan WIT. WIB memiliki perbedaan satu jam dengan WITA, WITA memiliki perbedaan satu jam dengan WIT, dan WIB memiliki perbedaan dua jam dengan WITA. Gambarannya adalah jika di Kota Bandung menunjukan pukul 07.00 WIB, maka di Kota Denpasar akan menunjukan pukul 08.00 WITA, dan di Kota Merauke akan menunjukan pukul 09.00 WIT. Sedangkan di Kota London akan menunjukan pukul 00.00, karena memiliki perbedaan tujuh jam dengan WIB, delapan jam dengan WITA, dan sembilan jam dengan WIT.

9 thoughts on “Pembagian Daerah Waktu di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>