Pelestarian Lingkungan Hidup Di Indonesia

Pelestarian lingkungan hidup di Indonesia sangatlah penting, hal tersebut menjadi tanggung jawab kita bersama. Pada dasarnya pelestarian lingkungan hidup adalah suatu kewajiban, hal ini dikarenakan manusia sangat bergantung pada alam sekitar. Ada banyak upaya yang dilakukan berbagai pihak untuk senantiasa melestarikan lingkungan hidup di Indonesia baik dari masyarakat maupun pemerintah. Dan inilah upaya-upaya pelestarian lingkungan hidup di Indonesia:

Menanam PohonSource : www.flickr.com/photos/usfsregion5/3598029211/

1. Menanam Pohon

Menanam pohon merupakan salah satu bentuk pelestarian lingkungan yang sedang banyak digalakkan akhir-akhir ini. Hal ini tidak lepas dari peran aktif pemerintah (Dephut) dengan programnya “Gerakan Penanaman 1 Milyar Pohon”. Sebagaimana yang telah kita ketahui bersama bahwa pohon memberikan manfaat yang besar bagi kita seperti membuat lingkungan lebih indah, membuat udara lebih bersih, dan masih banyak lagi.

2. Bersepada

Selain dapat menyehatkan tubuh kita, bersepeda juga merupakan wujud nyata cinta terhadap lingkungan sekitar. Tentu kita sudah tahu bahwa sepeda tidak seperti kendaraan bermotor yang mengeluarkan gas emisi berbahaya. Selain dapat mengotori udara sekitar, gas tersebut juga dapat menyebabkan pemanasan global (global warming). Dewasa ini banyak sekali komunitas-komunitas sepeda salah satunya adalah Bike2Work.

3. Membuang Sampah Pada Tempatnya

Saya yakin anda sering mendengar slogan “Buanglah Sampah Pada Tempatnya” atau “Dilarang Membuang Sampah Sembarangan”, benar begitu bukan? Itu merupakan slogan ajakan menjaga kebersihan lingkungan yang biasanya terpampang jelas tempat-tempat umum seperti sekolah, pasar, terminal dan lain-lain. Membuang sampah pada tempatnya merupakan wujud kecintaan terhadap lingkungan sekitar.

4. Membuat Regulasi

Membuat regulasi yang pro terhadap lingkungan sekitar merupakan bentuk tanggung jawab pemerintah, baik pusat maupun daerah. Masyarakat berharap agar pemerintah dapat membuat kebijakan-kebijakan yang cinta lingkungan serta memberikan sangsi-sangsi hukum yang tegas terhadap siapa saja yang membuat kerusakan lingkungan. Jika hal ini dilakukan serius makan lingkungan Indonesia akan terjaga kelestariannya.

5. Menggunakan Energi Listrik Secara Wajar

Wujud dari mencintai lingkungan hidup Indonesia adalah menggunakan energi listrik sewajarnya. Kita sudah mengetahui bahwa sebagian besar energi listrik yang kita gunakan bersumber dari batu bara dan minyak bumi. Sisa pembakaran batu bara dan minyak bumi yang berupa karbon dioksida dapat menyebabkan global warming. Untuk mengantisipasi hal tersebut, makan berhematlah dalam menggunakan energi listrik.

6. Daur Ulang Sampah

Mendaur ulang sampah merupakan salah satu bentuk dari usaha untuk menjaga kelestarian alam dan lingkungan. Sampah sulit sekali untuk diurai didalam tanah, kalaupun bisa butuh waktu yang lama bagi tanah untuk bisa menguraikan sampah. Daur ulang sampah manjadi barang layak pakai merupakan solusi, selain menjaga kelestarian lingkungan juga dapat menambah pendapatan masyarakat.

7. Reklamasi Pantai

Upaya pelestarian lingkungan hidup juga terjadi didaerah-daerah pesisir pantai Indonesia, yaitu dengan program reklamasi pantainya. Reklamasi pantai yang banyak dilakukan di Indonesia adalah dengan menanam kembali tanaman bakau disekitar pesisir pantai. Hutan bakau merupakan habitat bagi banyak flora dan fauna yang hidup disana, jadi menjaga kelestarian hutan bakau adalah penting bagi kita semua.

8. Membuat Cagar Alam dan Hutan Lindung

Upaya pemerintah yang tidak kalah pentingnya untuk menjaga kelestarian alam dan lingkungan di Indonesia adalah dengan membuat cagar alam dan hutan lindung. Untuk tetap lestari, flora dan fauna perlu habitat asli yang tidak diganggu oleh tangan-tangan jahil manusia. Cagar alam dan hutan lindung bisa menjadi solusi agar flora dan fauna di Indonesia tetap lestari sesuai dengan habitatnya masing-masing.

Nah itulah pembahasan mengenai upaya-upaya yang bisa dilakukan untuk pelestarian lingkungan hidup di Indonesia. Kita harus menyadari betapa pentingnya kelestarian lingkungan hidup bagi kita dan kita sangat bergantung pada lingkungan sekitar kita. Oleh sebab itu, menjaga kelestarian alam merupakan tanggung jawab kita bersama, kita bisa melakukannya dari hal-hal yang sederhana seperti menanam pohon dan bersepeda.

3 thoughts on “Pelestarian Lingkungan Hidup Di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*