Nama Nama Bunga Cantik Asli Indonesia

Indonesia adalah negara dengan keanekaragaman hayati terlengkap didunia. Sulit rasanya untuk menghitung berapa jumlah species flora dan fauna yang ada di negara kita tercinta. Ini merupakan karunia Tuhan YME yang harus kita jaga bersama kelestariannya. Beberapa flona yang ada di Indonesia adalah endemik (asli Indonesia), seperti beberapa bunga-bungaan. Dan inilah nama-nama bunga cantik nusantara :

Raflesia ArnoldiSource : http://www.flickr.com/photos/jeremy_holden/4057219969/

1. Rafflesia Arnoldi

Rafflesia Arnoldi sering sekali disamakan dengan bunga bangkai, padahal keduanya jelas berbeda. Bunga yang biasa disebut sebagai Padma Raksasa adalah merupakan bunga terbesar didunia. Bunga ini tergolong langka dan sulit ditemukan sehingga pemerintah menetapkan bunga ini sebagai flora yang dilindungi. Bunga ini juga bersifat endemik, biasanya sering ditemui sitaman-taman nasional di Pulau Sumatera.

2. Bunga Abadi (Edelweiss)

Untuk para pencinta alam yang sering melakukan pendakian, mungkin Bunga Abadi (Edelweiss) sudah tak asing lagi. Bunga ini sering sekali ditemukan di daerah pegunungan yang memiliki intensitas cahaya yang tinggi. Sebenarnya Bunga Abadi tidak hanya bisa ditemui di Indonesia, Bunga Abadi aslinya hanya ada di Pegunungan Alpen. Akan tetapi untuk Bunga Abadi Jawa (Anaphalis Javanica) hanya bisa ditemui di Pulau Jawa.

3. Anggrek Hitam

Anggrek Hitam merupakan salah satu bunga yang sangat indah, enak dipandang mata, dan harum semerbak. Para pecinta bunga mengakui bahwa bunga ini sangat unik, berbeda dengan bunga-bunga yang lain. Bunga ini terbilang langka karena habitat aslinya (di Pulau Kalimantan) semakin hari semakin menyusut, sehingga Pemerintah manjadikan bunga eksotis ini sebagai salah satu bunga yang dilindungi.

4. Dadap Merah

Sebagian dari anda mungkin sudah banyak yang tahu tentang bunga bermahkota merah ini. Ya, bunga ini sering kali dijumpai dipinggir-pinggir jalan sebagai media untuk mempercantik lingkungan sekitar. Bunga yang satu ini juga tidak hanya bisa menarik perhatian manusia, burung juga seringkali hinggap dibunga ini untuk menghisap sari-sarinya. Bunga Dadap Merah sangatlah cocok untuk memperindah taman-taman.

5. Lidah Merah

Bunga Lidah Merah adalah salah satu bunga jenis Anggrek yang sangat indah. Warnanya yang cantik dan tidak berbau adalah karakteristik bunga yang satu ini. Bagus sekali apabila dijadikan media untuk mempercantik taman. Akan tetapi sayangnya bunga seperti ini sangatlah langka dan juga merupakan salah satu bunga yang dilindungi.

6. Bunga Air Mata Pengantin

Bunga ini seringkali terlihat ditaman atau pekarangan rumah karena mudah sekali dirawat dan cepat tumbuh. Selain itu juga sering terlihat disekitar perkantoran dan tempat-tempat rekreasi karena bunga ini cantik dan sedap dipandang mata. Bunga ini dapat tumbuh dengan baik ditempat-tempat yang terkena sinar matahari langsung.

7. Pakis Monyet

Tanaman ini memang unik, sama seperti namanya. Tanaman ini memiliki banyak sekali julukan, diantanya Bulu Kera, Sun Go Kong, Pakis Hanuman, dll. Tanaman ini banyak sekali ditemukan dihutan-hutan sekitar Bogor dan Sukabumi. Tanaman ini pernah menjadi fenomenal di industri tanaman hias, saat itu tanaman ini menjadi tanaman yang paling banyak diminati oleh para penghobi dan kolektor tanaman hias.

8. Bunga Udumbara

Anda tahu tenatang Udumbara? Mitosnya, menurt kitab suci umat Budha, bunga legendaris ini hidup setiap 3000 tahun sekali. Bunga ini amat sangat langka dan dipercaya akan membawa keberuntungan untuk para pemiliknya. Bunga ini sangatlah fenomenal karena dianggap sebagai bunga surgawi yang tidak tumbuh didunia biasa.

6 thoughts on “Nama Nama Bunga Cantik Asli Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*