Mengenali Kondisi Fisik Wilayah Indonesia

Sebagai warga negara Indonesia, tahukan anda seputar kondisi fisik wilayah Indonesia? Jika belum tahu, mari kita bersama-sama mengenali lebih jauh kondisi fisik negara kita tercinta. Hal ini menggambarkan keadaan Indonesia yang sebenar-benarnya, meliputi batas-batas negara, letak astronomis Indonesia, letak geografis Indonesia, letak geologis Indonesia, dan pengaruhnya serta kondisi penduduk Indonesia.

Kondisi Fisik Wilayah Indonesiahttp://www.flickr.com/photos/30688073@N02/2873759364/

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar didunia dengan lebih dari 17.000 pulau yang terbentang dari Sabang sampai Merauke dan dari Miangas sampai Pulau Rote. Indonesia juga disebut dengan negara maritim karena memiliki wilayah perairan dua kali lebih luas dibandingkan wilayah daratan. Indonesia berbatasan dengan Malaysia dan Singapura disebelah utara, Samudera Hindia disebelah barat, Papua New Guinea disebelah timur dan Australia disebelah selatan.

Secara astronomis, wilayah Indonesia terletak antara 6°LU (Lintang Utara) – 11°LS (Lintang Selatan) dan 95°BT (Bujur Timur) – 141°BT (Bujur Timur). Letak astronomis adalah letak suatu wilayah berdasarkan garis lintang dan garis bujurnya. Titik 6°LU berada di Pulau We (Aceh), Titik 11°LS berada di Pulau Rote, Titik 95°BT berada diujung barat Pulau Sumatera, dan Titik 141°BT berada di Merauke (Papua).

Pengaruh letak astronomis seperti ini menyebabkan Indonesia memiliki iklim tropis karena berada disekitar garis khatulistiwa. Pada umumnya wilayah yang beriklim tropis seperti di Indonesia hanya memiliki dua musim, yaitu musim panas (kering) yang dipengaruhi oleh angin muson timur dan musim penhujan (basah) yang dipengaruhi oleh angin muson barat. Pengaruh lainnya adalah Indonesia terbagi menjadi tiga zona waktu, yaitu WIB, WITA, dan WIT.

letak geografis Indonesia sangatlah strategis karena berada tepat diantara dua benua, Benua Asia dan Australian, dan juga diantara dua Samudera, Samudera Pasifik dan Hindia. Berdasarkan literatur yang ada, letak geografis adalah letak suatu wilayah berdasarkan keadaan yang sebenar-benarnya dimuka bumi. Dengan kondisi geografis yang seperti ini, seharusnya kita bersyukur dan bisa memanfaatkannya dengan semaksimal mungkin guna meningkatkan devisa negara.

Pengaruh letak geografis ini menjadikan Indonesia sebagai negara yang berada dijalur persimpangan dunia. Hal ini sangat menguntungkan karena Indonesia bisa dijadikan sebagai hub perdagangan dunia. Pengaruh lainnya adalah persebaran flora dan fauna di Indonesia yang terbagi kedalam tiga wilayah, yaitu barat, tengah dan timur. Flona bagian barat memiliki kesamaan dengan flona Asia, flona bagian timur memiliki kesamaan dengan flona Australian, sedangkan flona bagian tengah merupakan flona peralihan (umumnya endemik).

Berdasarkan letak geologisnya, Indonesia berada di dua jalur pegunungan sirkum besar, yaitu jalur pegunungan sirkum Mediterania dan jalur pegunungan sirkum Pasifik. Kemudian, Indonesia merupakan tempat pertemuan lempeng besar litosfer antar lempeng besar Indonesia-Australia dan juga lempeng besar Australia. Dan juga, Indonesia terletak ditiga daerah dangkalan, yaitu Dangkalan Sunda, Sahul dan Laut Pertengahan.

Keadaan Indonesia seperti yang dijelaskan sebelumnya tentu berdampak bagi kehidupan masyarakat Indonesia sehari-hari. Kita harus menyadari bahwa konsekuensinya adalah negeri ini rawan sekali akan bencana alam seperti gunung meletus dan gempa bumi. Tetapi kita juga patut bersyukur karena tanah Indonesia ini menjadi subur berkat banyaknya pegunungan dan letusan gunung berapi. Selain itu kita juga bisa memaksimalkan potensi-potensi geowisata guna meningkatkan devisa negara.

Indonesia adalah negara majemuk yang berpedoman Bhinneka Tuggal Ika, yaitu berbeda-beda tetapi tetap satu jua. Indonesia merupakan negara kesatuan yang besar yang terdiri dari masyarakat yang heterogen, terdiri dari beberapa suku bangsa (jumlah suku bangsa yang ada di Indonesia diperkirakan antara 300 – 500 suku). Dengan keniscayaan seperti itu, seharusnya menjadikan Indonesia menjadi kuat dan bersatu, bukan menjadi lemat dan terpecah.

15 thoughts on “Mengenali Kondisi Fisik Wilayah Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*