Bagaimana Cara Kita Menanggulangi Pencemaran Udara di Indonesia?

Pencemaran udara merupakan imbas negatif dari perkembangan zaman, kehadiran pabrik-pabrik industri skala besar dan juga kendaraan bermotor mengeluarkan gas emisi yang umumnya tidak ramah lingkungan. Ini tentu hal yang tidak mengenakan, pencemaran udara bisa menyebabkan berbagai macam penyakit, menggangu kesehatan manusia, merusak keindahan alam, membuat hidup menjadi tidak nyaman, serta dampak-dampak negatif lainnya. Akan tetapi kita bisa melakukan berbagai macam cara untuk menanggulangi laju pencemaran udara di Indonesia. Bagaimana caranya? silahkan disimak baik-baik.

Pencemaran UdaraSource : http://www.flickr.com/photos/aigarsr/4276614919/

1. Menanam Pohon

Menanam pohon merupakan kegiatan positif untuk mengurangi tingkat pencemaran udara dilingkungan kita. Gerakan menanam pohon sedang ramai-ramainya dilakukan di Indonesia, tidak hanya oleh pemerintah saja tetapi juga oleh seluruh lapisan masyarakat. Keberadaan pohon-pohon setidaknya bisa menangkap polutan-polutan dan membuat udara manjadi bersih.

2. Bersepeda

Bersepeda merupakan kegiatan yang direkomendasikan untuk dilakukan, ini bukan hanya dapat menyehatkan tubuh tetapi juga tidak mencemari lingkungan. Saat ini komunitas bersepeda sedang hype di Indonesia dan ini tidak hanya ada dikota-kota besar saja melainkan hampir diseluruh kota yang ada di Indonesia. Salah satu komunitas sepeda yang dikenal publik adalah Bike2Work.

3. Menggunakan Kendaraan Umum

Salah satu cara kita menanggulangi laju pencemaran udara di Indonesia adalah dengan menggunakan kendaraan umum. Sebenarnya kendaraan umum pun sama juga mengeluarkan gas emisi, tetapi kendaraan umum bisa memuat jauh lebih banyak penumpang ketimbang kendaraan pribadi. So, jauh lebih baik menggunakan kendaraan umum, bukan?

4. Menggunakan Listrik Secara Wajar

Perlu diketahui bahwa sebagian besar listrik kita dihasilkan dari bahan bakar fosil seperti minyak bumi dan batubara yang notabene dalam proses pembakarannya mengeluarkan gas-gas emisi yang dapat mencemari lingkungan. Untuk itu, kita harus bisa menggunakan energi listrik secara wajar seperti tidak terlalu sering mencharge gadget, mematikan lampu jika tak perlu, dll.

5. Menggunakan Filter

Jika kita sering menggunakan kendaraan bermotor, ada baiknya kita menggunakan filter agar udara yang dibuang bisa tersaring terlebih dahulu sehingga tidak terlalu kotor. Ini tentu baik, karena sedikitnya bisa mengurangi tingkat polutan yang mencemari udara disekitar kita. Hal ini juga sebaiknya digunakan oleh pabrik-pabrik atau industri-industri yang ada di Indonesia.

6. Membuat Inovasi

Cara lain yang dapat dilakukan untuk mengurangi laju pencemaran udara dilingkungan sekitar kita adalah dengan melakukan inovasi. Contoh adalah yang dilakukan oleh salah satu perusahaan semen terbesar di Indonesia yaitu PT Semen Padang. Perusahaan tersebut melakukan teroboson baru dengan membuat Pembangkit Listrik tenaga Asap yang dapat mengubah asap menjadi listrik.

7. Mengembangan Teknologi Ramah Lingkungan

Pengembangan teknologi ramah lingkungan telah banyak dilakukan berbagai pihak dalam beberapa tahun belakangan ini. Hal ini merupakan wujud kepedulian mereka untuk menciptakan lingkungan yang lebih baik (lebih sehat dan lebih bersih). Saat ini kita bisa menemukan berbagai macam produk ramah lingkungan mulai dari lampu bohlam hingga kendaraan bermotor.

8. Menghentikan Pembakaran Hutan

Sudah menjadi suatu hal yang lumrah jika perusahaan ingin membuka hutan (menjadikannya sebagai sebuah industri) mereka melakukannya dengan cara membakar hutan, hal ini karena biaya yang dikeluarkan jauh lebih murah ketimbang menggunakan alat berat, yaitu hanya 10%nya saja. Kegiatan seperti ini harus ditiadakan dan Pemerintah harus tegas dalam hal ini.

9. Membuat Kebijakan

Kebijakan mengenai lingkungan sangatlah penting dan itu bukan saja tanggung jawab pemerintah sebagai pembuat kebijakan tetapi juga kita sebagai masyarakat yang menjalankan kebijakan tersebut. Kenyataannya kita sudah memiliki banyak sekali kebijakan-kebijakan terkait lingkungan tetapi implementasi dilapangan tidak berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan.

10. Reward and Punishment

Terakhir, cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi tingkat pencemaran udara di Indonesia adalah dengan reward dan punishment. Misalnya untuk perusahaan-perusahaan yang peduli terhadap lingkungan diberikan reward berupa mengurangan pajak, begitu pula sebaliknya bagi perusahaan-perusahaan yang tidak peduli terhadap lingkungan dikenakan pajak yang lebih tinggi.

Itulah 10 point mengenai cara yang bisa dilakukan untuk menanggulangi laju pencemaran udara di Indonesia ini. Dan ternyata kita pun bisa melakukan cara-cara sederhana untuk ikut serta berpartisipasi menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan sehat seperti menanam pohon dan bersepeda. Kita semua tentu berharap agar kualitas udara di Indonesia semakin baik.

3 thoughts on “Bagaimana Cara Kita Menanggulangi Pencemaran Udara di Indonesia?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*