Macam-Macam Web Browser Internet Terpopuler di Indonesia

Web browser adalah alat yang kita gunakan untuk mencari data yang tersedia didalam jaringan internet. Sebenarnya ada banyak sekali macam-macam web browser yang telah diciptakan, namun hanya beberapa yang populer dan banyak digunakan para pengguna internet. Hal ini tentu dikarenakan web browser tersebut memiliki keunggulan yang lebih dibandingkan dengan web browser lainnya. Dan inilah macam-macam web browser paling populer di Indonesia:

Web BrowserSumber : http://www.flickr.com/photos/97111728@N08/8965931934/

1. Mozilla Firefox

Menurut data yang dikeluarkan oleh Stat Counter Global Stats, lebih dari setengah pengguna internet di Indonesia (sekitar 55%) menggunakan web browser Mozilla Firefox. Hal ini dikarenakan web browser yang berlambang rubah dan bola dunia ini memiliki keunggulan lebih dibandingkan dengan web browser lainnya. Web Browser ini disebut-sebut memiliki ukuran file yang kecil, cepat dalam mengakses data diinternet, sederhana yang artinya mudah untuk dikembangkan dan juga memiliki banyak sekali addons (pengaya) yang memudahkan para pengguna internet.

2. Google Chrome

Pengguna Google Chrome di Indonesia terbilang banyak, data dari Stat Counter Global Stats menyebutkan sepertiga pengakses internet di Indonesia menggunakan web browser besutan Google Inc tersebut. Perlu diketahui bahwa Google merupakan web browser paling populer didunia, cuma kalau di Indonesia eksistensi Google Chrome kalah bersaing dengan Mozilla Firefox. Banyak hal yang menjadikan Google Chrome ini banyak dipakai pengguna internet di Indonesia, diantanya adalah web browser ini gratis, mudah, cepat, dan banyak menyediakan pengaya.

3. Safari

Safari merupakan web browser yang dikembangkan oleh perusahaan IT terkemuka didunia, yaitu Apple Inc. Jadi jika anda membeli produk-produk buatan Apple (seperti iMac, Macbook, atau iPad) anda akan mendapatkan Safari sebagai default web browsernya. Meskipun Safari merupakan web broswer besutan Apple, tetapi perangkat ini bisa digunakan juga untuk sistem operasi Microsotf Windows. Perlu diketahui bahwa jumlah pengguna web browser Safari di Indonesia hanya sekitar 3,7% saja, ini adalah data yang dikeluarkan oleh Stat Counter Global Stats.

4. Internet Explorer

Internet Explorer atau yang biasa disingkat IE merupakan web browser paling populer ketika awal-awal kemunculan internet, yaitu 95% pengguna internet menggunakan web browser besutan Microsoft tersebut. Tetapi sekarang sudah berubah, Internet Explorer kalah saing dengan web-web browser yang umurnya lebih muda darinya seperti Mozilla Firefox, Google Chrome dan Safari. Menurut data yang dilansir oleh Stat Counter Global Stats, jumlah pengguna IE di Indonesia hanya sekitar 2,5%. Browser ini lambat sehingga banya pengguna meninggalkannya.

5. Opera

Opera merupakan salah satu web browser yang banyak digunakan di Indonesia. MenurutStat Counter Global Stats, angka pengguna Opera mencapai 2,5% dari total pengguna Internet di Indonesia. Kepopuleran Opera tidak lepas dari kapabilitas web browser ini diberbagai macam sistem operasi dan banyak perangkat. Perlu diketahui bahwa Opera merupakan web browser terpopuler ke-3 didunia untuk mobile phone (telepon) dengan Opera Mini-nya. Opera ini dikembangkan oleh perusahaan Opera Software yang berbasis di Oslo, Norwegia.

6. Lainnya

Selain ke-5 web browser diatas, tentu ada nama-nama web browser lain yang perlu juga diketahui. Misalnya saja Netscape, browser ini bisa dibilang lama terbentuk namun sayangnya perkembangannya tidak begitu memuaskan. Lalu ada Flock, web browser yang didominasi oleh warna putih ini mulai populer dikalangan pengguna internet di Indonesia saat ini. Kemudian ada juga Kidzui, browser yang dikususkan untuk pengguna anak-anak mulai TK hingga SMP. Selain itu ada juga Kylo, Avant Browser, Deepnet Explorer, K-Meleon, Maxthon, Lunascape, Kidrocket, dll.

Nah itulah pembahasan mengenai macam-macam web browser yang paling banyak digunakan pengguna internet tanah air. Berdasarkan data diatas (Stat Counter Global Stats) ada lima browser yang paling banyak digunakan di Indonesia, yaitu Mozilla Firefox, Google Chrome, Safari, Internet Explorer, dan Opera. 97% pengguna internet di Indonesia menggunakan salah satu dari ke-5 web browser tersebut, dan pengguna Firefox adalah yang terbesar dengan sekitar 55%. Yang pasti setiap web browser memiliki kelebihan-kelebihan dan kekurangan-kekurangan masing-masing, so kamu pengguna web browser apa?

2 thoughts on “Macam-Macam Web Browser Internet Terpopuler di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*