Macam-macam Olahraga Paling Populer Di Indonesia

Ada berbagai macam olahraga yang eksis dan berkembang di Indonesia ini, baik itu olahraga yang dilakukan didarat, air maupun udara. Beberapa diantaranya merupakan olahraga yang populer, yang dimaksud dengan populer disini adalah olahraga yang disenangi mayoritas masyarakat Indonesia. Dan inilah macam-macam olahraga paling populer di Indonesia:

Olahraga Terpopuler di IndonesiaSource : http://www.flickr.com/photos/48039777@N02/5453195290/

1. Sepakbola

Sudah tidak bisa dipungkiri lagi bahwa sepakbola merupakan olahraga paling populer di Indonesia. Sayangnya popularitas olahraga ini masih belum bisa diimbangi dengan prestasi dari Timnas Indonesia. Untuk kompetisi ditingkat regional saja (Piala AFF senior) kita masih belum bisa juara, tapi kita punya keyakinan bahwa suatu saat kita pasti juara.

2. Bulutangkis.

Bulutangkis atau badminton merupakan salah satu olahraga paling digemari di Indonesia. Melalui cabang olahraga bulutangkis, nama Indonesia dikenal didunia Internasional. Entah sudah berapa banyak medali dan piala yang diperoleh Indonesia dari cabang olahraga ini, antara lain Piala Thomas, Piala Uber, medali emas Olimpiade, dan masih banyak lagi.

3. Berlari

Saat ini olahraga berlari telah menjadi tren dikalangan masyarakat Indonesia khususnya didaerah perkotaan. Hal ini dikarenakan meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan tubuh. Selain itu, media sosial seperti Twitter dan Facebook memiliki peranan yang penting didalam meningkatkan popularitas olahraga ini dikalangan masyarakat Indonesia.

4. Bersepeda

Selain berlari, tren olahraga yang sedang naik daun adalah bersepeda. Meningkatnya pamor olahraga bersepeda dikarenakan kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehatan serta menjaga lingkungan dari pencemaran udara. Saat ini bersepeda tidak hanya sebuah olahraga melainkan sudah merupakan gaya hidup masyarakat khususnya diwilayah perkotaan.

5. Bela Diri

Olahraga bela diri termasuk populer dikalangan masyarakat Indonesia. Kita harus berbangga karena kita memiliki olahraga bela diri asli Indonesia, yaitu Pencak Silat. Olahraga bela diri lainnya yang populer di Indonesia antara lain Karate, Tae Kwon Do, Wushu, Judo, Muay Thai, Aikido, Capoeira. Saat ini bela diri tak hanya olahraga tetapi juga merupakan sebuah seni.

6. Futsal

Olahraga bola kaki lainnya yang banyak digemari di Indonesia adalah futsal. Pada dasarnya permainan futsal hampir sama dengan sepakbola, perbedaannya futsal lebih sering dimainkan didalam rungan dengan jumlah pemain lima orang dalam satu tim. Bukti nyata semakin populernya olahraga futsal adalah semakin menjamurnya tempat atau lapangan bermain futsal.

7. Catur

Catur merupakan olahraga pikiran yang dimainkan oleh dua orang, olahraga ini terbilang populer dimasyarakat Indonesia. Catur merupakan olahraga yang merakyat, kita bisa melihat papan catur diberbagai tempat umum seperti pos ronda, pangkalan ojek, dan warteg. Nama-nama pecatur terkenal Indonesia antara lain Utut Adianto, Susanto Megaranto, Irene Kharisma, dll.

8. Tinju

Tinju merupakan salah satu olahraga yang banyak disukai masyarakat Indonesia khususnya untuk kaum Adam. Prestasi pertinjuan Indonesia terbilang membanggakan dilevel internasional, beberapa petinju asal Indonesia menjadi juara dunia antara lain Wongso Suseno, Thomas Americo, Ellyas Pical, Nico Thomas, Chris John, Muhammad Rahman, dan Daud Jordan.

9. Bola Voli

Bola voli merupakan salah satu olahraga yang populer dan sering dimainkan oleh masyarakat Indonesia. Akan tetapi olahraga ini lebih banyak yang melakukannya karena hobi bukan karena profesi. Untuk level profesional, Indonesia mempunyai kompetisi yang bernama Proliga, yaitu kompetisi bola voli profesional Indonesia yang diikuti berbagai klub bola voli seluruh Indonesia.

10. Bola Basket

Meskipun olahraga ini bukan berasal dari Indonesia, tetapi olahraga ini sangat populer di Indonesia. Olahraga ini sangat dikenal dikalangan pelajar, karena tentu tiap sekolah memiliki lapangan basket (biasanya ada ditengah-tengah sekolah). Indonesia memiliki kompetisi bola basket yang bergensi yaitu NBL Indonesia (National Basketball League Indonesia).

11. Renang

Salah satu olahraga air yang dikenal banyak masyarakat Indonesia adalah renang. Renang bukan hanya sebuah olahraga saja melainkan juga rekreasi, ini yang membuat renang sangat populer dimata anak-anak. Semua otot tubuh bergerak pada saat renang ini yang menjadikan renang dapat menyehatkan tubuh. So, mari kita berenang agar tubuh kita menjadi tambah sehat!

12. Tenis

Tenis juga merupakan salah satu olahraga yang banyak dimainkan oleh masyarakat Indonesia, khususnya untuk masyarakat kelas menengah keatas. Indonesia memiliki beberapa pemain tenis yang memiliki reputasi baik dilevel internasional karena prestasinya seperti Yayuk Basuki dan Angelique Widjaja. Kita berharap semoga dunia tenis Indonesia semakin maju.

13. Tenis Meja

Tenis meja atau yang biasa disebut pingpong merupakan salah satu olahraga yang populer dinegeri ini. Olahraga ini relatif simple karena tidak perlu ruangan besar hanya space untuk sebuah meja saja dan kita sudah bisa bermain. Prestasi tenis meja Indonesia belum bisa dikatakan gemilang, malah prestasinya terbilang menurun dibandingkan era Anton Suseno.

Nah itulah pembahasan mengenai macam-macam olahraga paling populer di Indonesia. Semoga tingginya popularitas olahraga tersebut diimbangi dengan prestasi dari atlet-atlet olahraga tersebut dilevel internasional. Tentu kita semua mendambakan Indonesia bisa masuk Piala Dunia sepakbola, semoga hal itu dapat segera tercapai.

3 thoughts on “Macam-macam Olahraga Paling Populer Di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>