Macam-macam Jejaring Sosial Paling Digemari Masyarakat Indonesia

Anda akan menemukan berbagai macam jejaring sosial diinternet, sebagian diantaranya merupakan social network yang paling digemari masyarakat Indonesia. Situs jejaring sosial sudah menjadi suatu budaya pada saat ini, banyak dari kita yang tidak bisa tidak mengakses media sosial walaupun hanya satu hari saja. Dan inilah macam-macam jejaring sosial yang menjadi favorit bagi masyarakat Indonesia.

Macam-macam Jejaring SosialSource : http://www.flickr.com/photos/86530412@N02/7975205041/

1. Facebook

Siapa yang tak kenal Facebook? Situs yang dibuat oleh Mark Zuckerberg ini merupakan situs jejaring sosial paling populer didunia dengan sekitar 1 milyar pengguna. Di Indonesia situs ini juga sangat populer, mulai dari Presiden sampai petani memiliki akun di Facebook. Menurut catatan, Indonesia adalah pengguna Facebook ke-4 terbesar didunia setelah Amerika Serikat, Brazil dan India.

2. Twitter

Twitter merupakan salah satu jejaring sosial yang sedang hype digunakan banyak masyarakat Indonesia. Meskipun dibatasi hanya 140 karakter, tetapi tetap saja banyak orang-orang Indonesia yang berkicau di Twitter. Mungkin ini karaketeristik dari masyarakat Indonesia yang senang bersosialisasi. Perlu diketahui bahwa saat ini Indonesia adalah pengguna Twitter terbesar ke-5 didunia.

3. Path

Path adalah jejaring sosial dimana pengguna bisa menginformasikan sesuatu melalui gambar, foto, serta video. Path didesain sebagai media untuk berbagi informasi kepada orang-orang terdekat seperti keluarga dan teman. Pengguna Path di Indonesia terbilang banyak, satu perlima pengguna Path dunia adalah masyarakat Indonesia dan lebih dari setengah aktivitas Path datang dari Indonesia.

4. Line

Salah satu jejaring sosial untuk layanan chatting yang paling digandrungi masyarakat Indonesia adalah Line. Line merupakan layanan chatting yang bisa digunakan dibanyak platform seperti komputer, laptop, hp, dan tablet. Untuk di Indonesia sendiri, Line merupakan yang terdepan dengan sekitar 10 juta pengguna mengalahkan pesaing-pesaingnya seperti Whatapps, Kakao Talk dan We Chat.

5. Instagram

Instagram seringkali menjadi buah bibir ditengah-tengah masyarakat, terlebih ketika Facebook mengakuisisinya. Instagram adalah aplikasi yang memungkinkan penggunanya untuk mengambil gambar (foto), lalu memfilter gambar tersebut (edit), kemudian membagikannya keberbagai macam jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter. Pengguna Instagram di Indonesia juga termasuk yang terbesar.

6. Google Plus

Google Plus merupakan jejaring sosialnya Google yang berusaha menyaingi kebesaran Facebook dan Twitter. Sebelumnya Google telah banyak mengeluarkan situs jejaring sosial, salah satunya adalah Orkut yang populer di Brazil dan Indonesia. Nampaknya Google harus kerja ekstra keras untuk bisa agar Google Plus bisa mensejajarkan diri bahkan mengalahkan Facebook dan Twitter.

7. LinkedIn

Ada banyak masyarakat indonesia yang memiliki akun dijejaring sosial LinkedIn, terutama untuk pekerja profesional. LinkedIn adalah situs jejaring sosial khusus untuk para profesional, bisa dibilang orientasinya lebih kepada bisnis. Dari sekitar 225 juta pengguna LinkedIn didunia, Indonesia menempati urutan ke-3 terbesar dengan tingkat pertumbuhan pengguna LinkedIn tercepat didunia.

8. Youtube

Youtube adalah salah satu dari banyak macam-macam situs jejaring sosial yang digemari masyarakat Indonesia. Youtube adalah jejaring sosial berbasis video dimana penggunanya bisa mengunggah video, menonton video, mengunduh video, dan juga berbagi video melalui jejaring sosial lainnya seperti Facebook dan Twitter. Pengguna Youtube 1 milyar orang dan sebagian besar dari Indonesia.

9. Foursquare

Foursquare merupakan jejaring sosial berbasis lokasi yang memungkinkan penggunaanya untuk mendapatkan dan berbagi informasi seputar tempat terbaik untuk makan, karaoke, liburan, dan lain-lain. Foursquare bisa digunakan diberbagai macam platform seperti PC, Laptop, tablet dan juga smartphone. Di Indonesia, Foursquare masih yang terdepan mengalahkan Gowalla dan Koprol.

10. Kaskus

Kaskus merupakan jejaring sosial berbasis forum kebanggan Indonesia yang dibuat oleh tiga orang Indonesia. Kaskus memungkinkan penggunanya untuk saling berbagi informasi dan juga berteman dalam forum tersebut. Menurut data yang ada, pengguna forum Kaskus lebih dari 10 juta orang yang tersebar tidak hanya di Indonesia tetapi juga di Malaysia, Singapura dan negara-negara lain.

Pembahasan diatas mengenai macam-macam jejaring sosial yang banyak digunakan masyarakat Indonesia. Layaknya dua sisi mata uang, jejaring sosial tidak hanya memberikan manfaat besar tetapi juga bisa memberikan dampak negatif. Untuk itu, sudah sepatutnya bagi kita semua untuk mengoptimalkan manfaat yang didapatkan dari jejaring sosial dan meminimalisir dampak negatif yang mungkin terjadi kepada kita.