Letak Geografis Indonesia

Letak geografis Indonesia adalah posisi keberadaan negara Indonesia berdasarkan letak dan bentuknya dimuka bumi. Menurut letak geografisnya, Indonesia berada diantara dua benua (Benua Asia dan Benua Australia) dan dua samudera (Samudera Hindia dan Samudera Pasifik). Karena hal tersebut, Indonesia menjadi bagian penting bagi perekonomian dunia. Untuk lebih jelasnya, kita bisa melihat letak geografis Indonesia pada peta dibawah ini.

Letak Geografis IndonesiaSource : http://www.flickr.com/photos/ooyooy/8675426/

Jika kita melihat gambar peta diatas, Indonesia berbatasan langsung dengan Benua Asia disebelah utara, Benua Australia disebelah selatan, Samudera Hindia disebelah barat, dan Samudera Pasifik disebelah timur. Indonesia sendiri termasuk negara yang berada didalam Benua Asia, tepatnya Asia Tenggara atau yang kita kenal sebagai ASEAN bersama 10 negara lainnya seperti Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Brunei Darusalam, Vietnam, Myanmar, Kamboja, Laos, dan Timor Leste.

Oleh karena posisi geografis Indonesia yang begitu strategis, tentu hal ini akan memberikan keuntungan yang besar kepada negara kita. Sudah sepatutnya kita memanfaatkan kondisi ini untuk kesejahteraan dan kemakmuran bangsa Indonesia. Karena letaknya yang strategis, Indonesia menjadi persimpangan lalu lintas dunia, baik darat, udara, maupul laut. Indonesia juga bertetangga dengan banyak negara di Asia yang sedang menunjukan geliat pertumbuhan ekonomi yang luar biasa seperti China, India, dan Thailand. Selain itu, Indonesia berada pada titik persilangan perekonomian dunia dan perdagangan internasional, baik negara-negara industri maju maupun berkembang.

Letak Indonesia yang sangat strategis secara geografis membuat Indonesia mau tidak mau mendapatkan pengaruh dari luar seperti kebudayaan dan peradaban dunia. Secara nyata kita masih bisa saksikan kebudayaan asing yang masih tumbuh dan berkembang di tanah air kita seperti kebudayaan China. Kebudayaan-kebudayaan China yang ada di Indonesia seperti alat musiknya, musiknya, perayaan-perayaannya, keseniannya, pakaiannya, kulinernya dan masih banyak lagi. Selain kebudayaan China, ada juga kebudayaan asing lainnya yang masih eksis di Indonesia, yaitu kebudayaan Arab. Kebudayaan Arab masih bisa kita saksikan pada acara-acara pernikahan dan perayaan-perayaan hari besar agama Islam.

Posisi Indonesia yang diapit oleh dua benua yaitu Benua Asia dan Benua Australia serta dua samudera yaitu Samudera Hindia dan Samudera Pasifik membuat Indonesia dipengaruhi oleh dua angin musim, yaitu angin musim barat dan angin musim timur. Angin ini berhembus secara periodik dan terjadi dalam waktu minimal 3 bulan. Angin musim barat adalah angin yang berhembus dari Benua Asia ke Benua Australia, angin ini biasanya yang menyebabkan hujan turun dikawasan Asia dan Australian, dan angin ini umunya terjadi pada bulan Desember sampai Januari. Sedangkan angin musim timur adalah angin yang bergerak dari Benua Australian ke Benua Asia, angin ini tidak mengandung curah hujan yang banyak, dan biasanya terjadi pada periode Juni sampai Agustus.

Indonesia adalah negara kepulauan terbesar didunia, beberapa negara yang berbentuk kepulauan antara lain Jepang, Filipina, dan Maladewa. Jumlah pulau di Indonesia tercatat lebih dari 17.000 pulau yang terbentang dari Sabang sampe Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote. Hal ini menjadikan Indonesia unik dengan keanekaragaman adat istiadat, suku, budaya, ras, dan masih banyak lagi. Meskipun demikian, kita harus menjunjung tinggi Bhinneka Tungkal Ika yang berarti berbeda-beda tetapi tetap satu tujuan.

Letak Indonesia yang strategis serta bentuk negara Indonesia yang terdiri dari pulau-pulau bukan tanpa kelemahan. Hal ini menyebabkan Indonesia rentan mendapatkan ancaman dari luar dan seringkali terkendala masalah kordinasi. Untuk hal semacam ini, kita sudah bisa berkaca dari kasus Sipadan dan Ligitan serta konflik-konflik yang sering terjadi diperbatasan.

18 thoughts on “Letak Geografis Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>