Kenampakan Alam di Indonesia

Indonesia adalah negara yang besar, kenampakan alam di Indonesia sangat luar biasa, tak jarang para wisatawan mancanegara berdecak kagum atas kekayaan alam nusantara ini. Kenampakan alam terbagi menjadi dua, yaitu kenampakan alam didaratan dan kenampakan alam dilautan. Dan inilah kenampakan alam di Indonesia yang tersohor kepenjuru negeri :

Kenampakan Alam NusantaraSource :http://www.flickr.com/photos/39598965@N06/4255717003/in/faves-shanghaidaddy/

1. Pulau

Indonesia tercatat sebagai negara kepulauan terbesar didunia, sampai saat ini Indonesia memiliki 17.504 pulau yang terbentang dari Sabang Sampai Merauke. Pulau-pulau di Indonesia terdiri dari pulau-pulau besar dan pulau-pulau kecil. Pulau-pulau besar di Indonesia antara lain Pulau Papua, Pulau Kalimantan, Pulau Sumatera, Pulau Sulawesi, Pulau Jawa, dan pulau-pulau besar lainnya. Sedangkan pulau-pulau kecil di Indonesai sangat banyak sekali dan jumlahnya belasan ribu pulau, pulau-pulau kecil umumnya menjadi gugusan kepulauan yang sangat indah, seperti Kepulauan Raja Ampat.

2. Pegunungan

Menurut letak geologisnya, Indonesia berada diantara dua sirkum pegunungan besar, yaitu sirkum pegunungan Mediterania dibagian barat dan sirkum pegunungan Pasifik dibagian Timur. Oleh karena itu, Indonesia menjadi salah satu negara yang rawan akan gempa, yaitu gempa tektonik (tumburak lempengan) dan gempa vulkanik (gunung berapi). Menurut data, Indonesia memiliki 121 gunung (baik yang masih aktif maupun tidak), dan sebagian besar gunung tersebut berada di pulau besar seperti Papua, Kalimantan, Sumatera, Sulawesi dan Jawa.

3. Hutan Hujan Tropis

Sebagaimana telah kita ketahui bersama bahwasannya Indonesia memiliki iklim tropis, oleh karena itu sebagian besar hutan di Indonesia adalah hutan hujan tropis. Hutan hujan tripis bisa kita jumpai disekitar wilayah khatulistiwa, seperti di Indonesia dan Brasil. Pada umumnya, hutan ini selalu basah karena curah hujan yang tinggi didaerah tropis. Hutan hujan tropis memiliki keanekaragaman hayati yang luar biasa, 50% flora dan fauna didunia berasal dari kawasan ini. Hutan hujan tropis memiliki banyak manfaat seperti sebagai paru-paru dunia, mencegah bencana banjir, menjaga lingkungan sekitar dari bahaya kekeringan, dan masih banyak lagi.

4. Danau

Masih ingat dengan Danau Toba? Ya, danau Toba merupakan danau terbesar di Indonesia, letaknya di Sumatera Utara. Danau merupakan salah satu kenampakan alam di Indonesia. Indonesia tercatat memiliki ratusan danau yang tersebar diseluruh nusantara, baik itu danau alami maupun danau buatan. Pada umumnya, danau-danau di Indonesia digunakan untuk kepentingan masyarakat seperti perikanan (tambak), irigasi, maupun daerah tujuan wisata. Tiga danau di Indonesia yang sangat populer sebagai daerah tujuan wisata adalah Danau Toba, Danau Singkarak, dan Danau Sentani.

5. Sungai

Sungai merupakan salah satu kenampakan alam Indonesia yang bisa kita liat, sungai ini berfungsi untuk mengalirkan air dari daratan ke lautan. Keberadaan sungai banyak sekali manfaatnya bagi masyarakat sekitar, warga memanfaatkannya sebagai daerah perikanan, saluran irigasi, jalur transportasi, dan juga sebagai pasar terapung seperti disungai Barito. Indonesia memiliki ratusan atau bahkan ribuan sungai, baik sungai kecil maupun sungai besar. Sungai-sungai terpanjang di Indonesia antara lain Sungai Kapuas, Sungai Barito, Sungai Membramo, Sungai Digul, dan Sungai Musi.

6. Pantai

Pantai adalah batas antara daratan dan lautan, sudah tak terhitung lagi berapa banyak jumlah pantai di Indonesia. Secara umum, pantai digunakan sebagai tempat wisata. Keindahan pantai Indonesia sudah tidak diragunakan lagi, jutaan wisatawan mancanegara datang ke Indonesia setiap tahunnya hanya untuk menikmati hal tersebut. Pantai-pantai sudah menggaung ke mancanegara sebagai tempat wisata di Indonesia antara lain Pantai Sanur, Pantai Kuta, dan Pantai Senggigi. Sebenarnya masih banyak pantai-pantai di Indonesia yang memiliki keindahan yang luas biasa seperti Pantai Wakatobi, Pantai Raja Ampat, Pantai Pink, dan pantai-pantai lainnya. Untuk itu diperlukan peran aktif semua pihak untuk mempromosikan keindahan alam pantai-pantai Indonesia ke mancanegara.

7. Laut

Dua pertiga luas Indonesia adalah lautan, tak heran jika Indonesia memiliki banyak sekali laut. Seharusnya laut ini bisa dijadikan alat untuk mensejahterakan bangsa Indonesia, karena lautan Indonesia memiliki sumber daya alam yang sangat luar biasa seperti minyak bumi, gas alam, ikan-ikan, mutiara, dan kekayaan alam lainnya. Lautan Indonesia membentang dari wilayah barat hingga wilayah timur seperti Laut Indonesia, Laut Jawa, Laut Flores, Laut Sulawesi, Laut Arafuru, dan lainnya.

6 thoughts on “Kenampakan Alam di Indonesia

  1. dikit bro UUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUU

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>