Kekayaan Alam Indonesia yang Mendunia

Indonesia dikenal sebagai negara yang kaya akan sumber daya alamnya, sehingga orang-orang menyebutnya negeri ini sebagai “Zamrud Khatulistiwa”. Tugas kita sebagai warna negara Indonesia adalah menjaga dan mengelola kekayaan alam tersebut dengan baik dan benar sehingga devisa negara yang ada bisa digunakan sebesar-besarnya untuk kepentingan bangsa Indonesia. Dan inilah 10 kekayaan alam Indonesia yang tersohor hingga kepenjuru dunia.

Kekayaan Alam IndonesiaSource : http://www.flickr.com/photos/23065375@N05/2234742005/

1. Keanekaragaman Hayati Terlengkap Dunia.

Indonesia merupakan negara yang memiliki keanekaragaman hayati terlengkap didunia, hal ini tentunya mencakup keanekaragaman hayati darat dan laut. Jikalau penilaiannya hanya mencakup keanekaragaman hayati darat saja, Indonesia berada diperingkat ke-2 setelah Brasil (Amerika Selatan) dengan sungai Amazonnya yang tersohor itu.

2. Eksportir Minyak Sawit (CPO) No 1 Dunia.

Kelapa Sawit atau dunia internasional menyebutnya Crude Palm Oil (CPO) adalah produk yang dibutuhkan masyarakat sebagai sumber energi pilihan maupun alternatif. Saat ini, Indonesia merupakan ekportir no 1 dunia untuk minyak sawit, Malaysia diurutan ke -2 dan Papua New Guinea di urutan ke-3. Hal ini disebabkan oleh luas lahan kelapa sawit yang meningkat setiap tahunnya.

3. Potensi Panas Bumi (Geothermal) Terbesar Dunia.

Panas bumi merupakan sumber energi yang sedang ramai diperbincangkan saat ini karena berbagai macam kelebihan diantaranya lebih murah, mudah, dan bersih. Panas bumi diharapkan akan menjadi sumber energi utama dimasa depan, dan Indonesia beruntung akan hal itu karena Indonesia memiliki sekitar 40% potensi panas bumi dunia.

4. Indonesia Sebagai Negara Maritim.

Indonesia memiliki luas lautan yang lebih besar dibandingkan dengan luas daratan, dua pertiga luas Indonesia adalah lautan sehingga Indonesia bisa disebut sebagai negara maritim. Berkah negara maritim datang dari pengelolaan sumber daya kelautan yang optimal, sumber daya alam laut bisa mendatangkan devisi negara yang luar biasa seperti minyak bumi, ikan, rumput laut, mutiara, dan lain-lain.

5. Eksportir Kopi Termahal Dunia.

Orang Indonesia mana yang tak kenal Kopi Luwak? Kopi Luwat sangat terkenal dimancanegara karena pernah ditampilkan disalah satu acara televisi terpopuler di Amerika Serikat, Oprah Winfrey Show. Harga kopi yang dikais dari kotoran Luwak ini bisa mencapai US$ 160 per pon dipasaran internasional (atau sekitar Rp 1.500.000,00 per setengah kilogram).

6. Keindahan Pantai-pantai di Indonesia

Indonesia dikunjungi lebih dari 7 juta wisatawan mancanegara setiap tahunnya dan sebagian besar wisatawan tersebut berkunjung ke Pulau Bali. Apa yang paling terkenal dari Pulau Bali, tentu dua jawaban teratas adalah Pantai Kuta dan Pantai Sanur. Ya, Indonesia memiliki pantai-pantai yang sangat indah yang terkenal sampai ke mancanegara.

7. Kualitas Emas Terbaik di Dunia

Anda pasti pernah mendengar perusahaan bernama Freeport? Ya, PT Freeport merupakan salah satu perusahaan tambang (Amerika Serikat) yang terbesar didunia. Saat ini PT Freeport mengeksplorasi tambang emas terbesar dengan kualitas terbaik dunia yang berada didaerah Papua. Kualitas emas dari Freeport sudah diakui oleh mancanegara dan itu berasal dari Indonesia.

8. Hutan Hujan Tropis Terbesar

Hutan hujan tropis merupakan hutan disekitar daerah yang memiliki iklim tropis, hutan tersebut sangat subur, menerima curah hujan yang tinggi, dan juga mendapatkan pancaran sinar matahari yang cukup. Indonesia salah satu negara yang memiliki hutan hujan tropis yang luas serta keanekaragaman hayati dan plasmanutfah yang lengkap.

9. Makanan Khas Indonesia yang Mendunia

Untuk bidang kuliner, ada beberapa makanan khas Indonesia yang sudah mendunia seperti Rendang dan Nasi goreng. Rendang masuk dalam daftar “World’s 50 Most Delicious Foods” versi CNNGO sedangkan Nasi Goreng acap kali masuk media karena merupakan makanan favorit Presiden Amerika Serikat saat ini (Barrack Obama) ketika tinggal di Indonesia.

10. Terumbu Karang Terkaya di Dunia

Indonesia diklaim sebagai negara dengan terumbu karang terkaya didunia. 18% terumbu karang didunia berada di Indonesia dengan keanekaragaman hayati terkaya didunia. Terumbu karang Indonesia menjadi tempat hidup jutaan spesies yang hidup dilaut seperti ikan-ikan, karang-karang laut, moluska-moluska, udang-udang dan lain-lain.

10 thoughts on “Kekayaan Alam Indonesia yang Mendunia

  1. dengan sedemikian bayak kekayaan yang dimiliki , seharusnya qt bisa menjadi negara yg kaya pula akan ekonomi dan rakyatnya pun sejahtera..Tapi nyatanya ,, utang luar negri indonesia udh mencapai 2.000 triliun (Rp) lebih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*