Kedahsyatan 5 Gunung Meletus di Indonesia

Indonesia adalah salah satu negara yang berada disekitar Cincin Api Pasifik sehingga besar kemungkinan terjadinya gempa dan letusan gunung berapi. Indonesia juga merupakan salah satu negara dengan gunung api terbanyak didunia, gunung-gunung api di Indonesia terbentang dari bagian barat sampai bagian timur Indonesia, dari Gunung Peuet Sague di Provinsi Nangroe Aceh Darussalam sampai Gunung Serua di Provinsi Maluku. Untuk itu diperlukan kehati-hatian masyarakat Indonesia karena sewaktu-waktu bisa saja terjadi letusan gunung berapi. Dan inilah kedahsyatan 5 gunung meletus di Indonesia :

Gunung MeletusSource : http://www.flickr.com/photos/90223232@N04/8197919377/

 1. Letusan Gunung Krakatau

Gunung Krakatau berada diselat Sunda, selat yang menghubungkan antara Pulau Jawa dan Pulau Sumatera. Sejarah mencatat bahwa letusan Gunung Krakatau merupakan salah satu letusan gunung terdahsyat didunia. Gunung Krakatau diperkirakan meletus pada tanggal 26 Agustus 1883. Oleh sebab amat sangat dahsyatnya fenomena ini, suara letusannya terdengar hingga Benua Australia dan Benua Afrika. Menurut catatan, letusan Gunung Krakatau ini menimbulkan gelombang yang amat besar sekitar 40 meter, gempa bumi, tsunami dan juga perubahan iklim global. Letusan Gunung Krakatau merupakan salah satu bencana letusan gunung terbesar didunia yang telah memakan lebih dari 36.000 korban jiwa.

2. Letusan Gunung Merapi

Gunung Merapi merupakan salah satu gunung api teraktif di Indonesia, letaknyan diantara Kabupaten Magelang (Jawa Tengah) dan juga Kabupaten Sleman (DIY Yogyakarta). Gunung merapi Memiliki ketinggian sampai 2.968 mdpl dipuncaknya. Pada tahun 2004, Pemerintah menetapkan kawasan hutan disekitar puncak Gunung Merapi merupakan kawasan Nasional Gunung Merapi. Gunung merapi telah meletus hingga puluhan kali dan terakhir pada tahun 2010. Bencana meletusnya Gunung Merapi tahun 2010 telah memakan banyak korban, puluhan korban meninggal, ratusan korban yang perlu perawatan, serta ribuan korban mengungsi. Selain itu bencana ini juga menghilangkan mata pencaharian masyarakat Merapi, karena sebagian besar dari mereka bekerja sebagai Petani dan Peternak (Saat itu lahan-lahan pertanian tidak bisa ditanami dan hewan-hewan ternak mati dan sakit).

3. Letusan Gunung Tambora

Dahulu Gunung Tambora merupakan gunung tertinggi ke-2 setelah Gunung Jaya Wijaya di Papua. Gunung ini sangat ditakuti karena merupakan gunung api tertinggi di Indonesia dengan ketinggian puncaknya 4300 mdpl. Gunung Tambora meletus pada 10 April 1815, dahsyatnya letusan ini mengakibatkan lebih dari 71.000 korban jiwa yang disebabkan karena terbakar, keracunan, serta kelaparan. Untuk saat ini, ketinggian Gunung Tambora hanya sekitar 2.851 mdpl, letaknya di Kabupaten Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Gunung ini merupakan daerah favorit pendakian bagi para pecinta alam karena memiliki panorama alam serta riwayat sejarah yang amat sangat luar biasa.

4. Letusan Gunung Papandayan

Gunung Papandayan merupakan salah satu gunung yang letusannya tercatat didalam sejarah. Gunung ini terletak di Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat dengan ketinggian puncak gunung 2.665 mdpl. Gunung ini memiliki panoramam alam yang indah dengan keanekaragaman hayati khas pegunungan sehingga bukan merupakan suatu hal yang aneh jika gunung ini merupakan salah satu daerah favorit tujuan wisata di Jawa Barat khusunya di Garut. Menilik sejarahnya, gunung ini tercatat telah beberapa kali meletus, pada tahun 1773, 1923, 1942, 1993, dan 2003. Letusan Gunung Galunggung terdahsyat terjadi pada tahun 1773 dan terakhir gunung ini meletus tahun 2002.

5. Letusan Gunung Kelud

Letusan Gunung Kelud merupakan salah satu letusan gunung berapi terdahsyat yang pernah terjadi di Indonesia. Sampai saat ini, Gunung Kelud masih dinyatakan aktif sebagai gunung berapi dan harus diwaspadai karena sewaktu-waktu bisa meletus. Letak Gunung ini berada diperbatasan tiga Kabupaten, yaitu Blitar, Kediri dan juga Malang. Puncak Gunung Kelud memiliki ketinggian hingga 1731 mdpl. Seperti Gunung Merapi, gunung ini juga terbilang aktif meletus dengan jarak yang relatif pendek. Sejarah mencatat Gunung Kelud telah beberapa kali meletus, pada tahun 1300, 1586, 1901, 1919, 1951, 1966, 1990 dan 2007. Sampai saat ini, letusan Gunung Kelud telah memakan 15.000 korban jiwa, dengan korban terbanyak (10.000 jiwa) pada letusan tahun 1586.

10 thoughts on “Kedahsyatan 5 Gunung Meletus di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>