Jumlah Provinsi di Indonesia Saat Ini

Berapa jumlah provinsi yang ada di Indonesia saat ini? mungkin hal tersebut merupakan hal yang ingin anda tanyakan. Dan jawabannya, sampai saat ini jumlah provinsi di Indonesia adalah 34 provinsi, bukan lagi 33 provinsi. Hal ini dikarenakan Kalimantan Utara telah menjadi provinsi yang ke 34 sekaligus provinsi termuda di Indonesia saat ini berdasarkan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2012 yang disahkan pada tanggal 25 Oktober 2012.

Jumlah Provinsi Di Indonesiahttp://www.flickr.com/photos/cupidz_voc/3127697570/

Sebagai negara besar dengan jumlah pulau yang lebih dari 17 ribu, mustahil bagi Indonesia untuk mengatur sistem administrasi diseluruh wilayah negeri ini hanya dari pusat Jakarta. Untuk itu diperlukan peran daerah untuk mengatur sistem administrasi kewilayahan, dalam hal ini adalah provinsi. Pada mulanya saat kemerdekaan Indonesia, jumlah provinsi di Indonesia hanya delapan provinsi, di-era Soeharto menjadi 27 provinsi, dan saat ini era-nya reformasi berjumlah 34 provinsi. Dan inilah nama-nama ke-34 provinsi tersebut.

Provinsi-provinsi di Pulau Sumatera Sumatera.

Meskipun Pulau Sumatera bukan merupakan pulau terbesar di Indonesia, akan tetapi pulau tersebut merupakan pulau yang memiliki jumlah provinsi terbanyak dengan 10 provinsi, dua diantaranya adalah provinsi pemekaran setelah reformasi. Provinsi-provinsi yang terdapat dipulau Sumatera adalah Provinsi Nangroe Aceh Darussalam, Provinsi Sumatera Utara, Provinsi Sumatera Barat, Provinsi Riau (Daratan), Provinsi Kepulauan Riau, Provinsi Jambi, Provinsi Sumatera Selatan, Provinsi Bangka Belitung, Provinsi Bengkulu, dan Provinsi Lampung.

Provinsi-provinsi di Pulau Jawa, Bali dan Nusa Tenggara

Jumlah provinsi yang berada di Pulau Jawa, Bali dan Nusa Tenggara adalah sembilan Provinsi, satu provinsi diantaranya adalah provinsi pemekaran di era reformasi. Meskipun Pulau Jawa tidak sebesar Pulau Kalimantan dan Papua, akan tetapi jumlah provinsi dim Pulau Jawa lebih banyak ketimbang Pulau Kalimantan dan Papua. Hal tersebut tentunya dikarenakan banyak faktor, diantanya jumlah penduduk dan pusat administrasi. Nama-nama provinsi yang ada di Pulau Jawa, Bali dan Nusa tenggara adalah Provinsi DKI Jakarta, Provinsi Jawa Barat, Provinsi Banten, Provinsi Jawa Tengah, Provinsi DI Yogyakarta, Provinsi Jawa Timur, Provinsi Bali, Provinsi Nusa Tenggara Barat, dan Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Provinsi-provinsi di Pulau Kalimantan

Dengan disahkannya Kalimantan Utara sebagai provinsi ke-34 di Indonesia (provinsi termuda di Indonesia), maka jumlah provinsi di Kalimantan bertambah satu, yaitu menjadi lima provinsi. Provinsi-provinsi tersebut antara lain Provinsi Kalimantan Barat, Provinsi Kalimantan Tengah, Provinsi Kalimantan Selatan, Provinsi Kalimantan Timur, dan Provinsi Kalimantan Utara.

Provinsi-provinsi di Pulau Sulawesi

Jumlah provinsi yang ada di Provinsi Sulawesi sama dengan jumlah provinsi yang ada di Pulau Jawa, yaitu berjumlah enam provinsi. Provinsi-provinsi yang ada di Pulau Sulawesi antara lain Provinsi Sulawesi Utara, Provinsi Sulawesi Barat, Provinsi Sulawesi Tengah, Provinsi Sulawesi Tenggara, Provinsi Sulawesi Selatan, dan Provinsi Gorontalo.

Provinsi-provinsi di Pulau Maluku dan Pulau Papua

Jumlah provinsi di Maluku ada dua, yaitu Provinsi Maluku dan Provinsi Maluku Utara. Sedangkan jumlah provinsi di Papua ada dua juga, yaitu  Provinsi Papua Barat dan  Provinsi Papua. Meskipun Pulau Papua sangat luas, akan tetapi jumlah provinsi dipulau ini lebih sedikit dibandingkan dengan Pulau Jawa yang memiliki enam provinsi. Dengan luas wilayah yang sangat besar dan hanya diurus oleh dua provinsi, nampaknya ada kemungkinan muncul provinsi baru dipulau tersebut.

One thought on “Jumlah Provinsi di Indonesia Saat Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>