Gunung Berapi di Indonesia dan Persebarannya

Indonesia adalah negara kepulauan yang dikelilingi gunung-gunung, baik yang masih aktif maupun tidak. Indonesia memiliki ratusan gunung dan puluhan diantaranya adalah gunung berapi yang masih aktif yang perlu diwaspadai. Beberapa gunung di Indonesia telah meletus diantaranya Gunung Krakatau, Gunung Galunggung, dan Gunung Merapi. Letusan gunung-gunung tersebut mendapatkan sorotan luas dari media (baik dalam maupun luar negeri) terlebih untuk Gunung Krakatau yang kedahsyatan letusannya hingga difilmkan. Dan inilah persebaran gunung berapi di Indonesia :

Gunung BerapiSource : http://www.flickr.com/photos/fakhrianindita/8296244369/

1. Gunung Berapi di Pulau Sumatera

Gunung berapi di Sumatera merupakan rangkaian pegunungan sirkum Mediterania yang membentang dari Benua Asia ke benua Australia. Umumnya gunung berapi di Pulau Sumatera berapa dibagian barat Sumatera. Gunung-gunung berapi didaerah Sumatera antara lain Gunung Peuet Sague dan Gunung Bur Ni Telong di Nangroe Aceh Darussalam, Gunung Sorik Marapi di Sumatera Utara, Gunung Marapi, Gunung Tandikat, dan Gunung Talang di Sumatera Barat, Gunung Kerinci dan Gunung Sumbing, di Jambi, Gunung Kaba di Bengkulu, Gunung Dempo dan Gunung Besar di Sumatera Selatan, serta Gunung Suoh di Lampung.

2. Gunung Berapi di Pulau Jawa

Sebagian besar gunung-gunung berapi yang berada dipulau Jawa berada dibagian selatan. Gunung-gunung tersebut juga merupakan gugusan pegunungan Sirkum Mediterania. Gunung-gunung berapi dipulau Jawa diantaranya Gunung Krakatu di Banten (Selat Sunda), Gunung Salak, Gunung Gede, Gunung Papandayan, Gunung Tangkuban Parahu, Gunung Galunggung, Gunung Ciremai di Jawa Barat, Gunung Slamet, gunung Sundoro, Gunung Merapi, dan Komplek Gunung Dieng di Jawa Tengah, dan juga Gunung Kelut, Gunung Arjuno Welirang, Gunung Tengger, Gunung Semeru, Gunung Lamongan, Gunung Raung, dan Gunung Ijen di Jawa Timur.

3. Gunung Berapi di Pulau Bali dan Nusa Tengara

Pulau Bali dan Nusa Tenggara tidak hanya dikenal sebagai pulau-pulau yang memiliki panta-pantai yang indah tetapi juga memiliki gunung-gunung berapi yang masih aktif dan patut diwaspadai. Gugung-gunung berapi yang tersebar dipulau-pulau Bali dan Nusa Tenggara antara Lain Gunung Batur dan Gunung Agung di Bali, Gunung Rinjani, Gunung Tambora, dan Gunung Sangeang Api di Nusa Tenggara Barat, serta Gunung Ranakah, Gunung Inielika, Gunung Ebuloho, Gunung Iya, Gunung Paluweh, Gunung Lereboleng, Gunung Iliboleng, Gunung Lewotolo, Gunung Kelimutu, Gunung Egon, Gunung Lewotobi, Gunung Iliwerung, dan Gunung Irung di Nusa Tenggara Timur.

4. Gunung Berapi di Pulau Sulawesi

Gunung-gunung berapi di Sulawesi merupakan gunung-gunung rangkaian sirkum Pasifik yang membentang dari Benua Australia ke Benua Asia. Sebagian besar gunung-gunung berapi di Pulau Sulawesi berada di Provinsi Sulawesi Utara. Gunung-gunung berapi yang tersebar di Pulau Sulawesi diantaranya Gunung Colo / Una una, Gunung Awu, Gunung Bahua Wuhu, Gunung Karangetang / Api Slau, Gunung Ruang, Gunung Tongkoku, Gunung Mahawu, Gunung Empung dan juga Gunung Emputan.

5. Gunung Berapi di Pulau Maluku

Gunung-gunung di Maluku juga merupakan rangkaian pegunungan sirkum Pasifik, begitu juga dengan gunung-gunung berapinya. Gunung-gunung berapi di Pulau Maluku pada umumnya tidak terlalu tinggi, sekitar 1000 – 2000 meter. Dan inilah gunung-gunung berapi yang berada di maluku Utara antara lain GunungDukono, Gunung Ibu, Gunung Gamkonora, Gunung Gamalama, dan juga Gunung Maklan. Sedangkan gunung-gunung berapi yang berda di Maluku adalah Gunung Bandi Api, Gunung Serua, Gunung Nila, dan juga Gunung Teon.

Menurut data yang bersumberkan dari Wikipedia, Pulau Kalimantan dan juga Pulau Papua tidak memiliki gunung-gunung berapi, sehingga kita jarang atau bahkan tidak pernah melihat bencana letusan gunung berapi yang terjadi dikedua pulau tersebut. Akan tetapi Pulau Kalimantan dan Pulau Papua memiliki bentang alam berupa gunung-gunung. Terlebih untuk Pulau Papua yang memiliki gunung-gunung dengan puncak yang sangat tinggi seperti Puncak Jaya, Puncak Trikora, Puncak Mandala, dan Juga Puncak Yamin.

Banyaknya gunung-gunung berapi merupakan berkah sekaligus ancaman bagi negeri ini, berkahnya adalah tanah Indonesia ini menjadi subur karena terkena erupsi gunung berapi. Ancamannya adalah kita setiap saat dihantui oleh kemungkinan terjadinya gunung meletus yang sewaktu-waktu bisa saja terjadi, terutama untuk gunung-gunung api yang berstatus siaga dan waspada. Untuk itu diperlukan peran aktif semua pihak untuk saling berkordinasi dan mengawasi terhadap kemungkinan-kemungkinan terjadinya gunung meletus serta proses penanggulangan bencana jika sewaktu-waktu gunung berapi meletus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*