Dampak Pemanasan Global Bagi Indonesia

Suhu dipermukaan bumi senantiasa meningkat sejak setengah abad terakhir ini, hal ini menunjukan bahwa bumi yang kita tempati ini sedang mengalami fase yang disebut pemanasan global atau global warming. Ini adalah suatu berita buruk bagi kita semua karena begitu mengerikannya dampak yang timbul akibat pemanasan global. Dan inilah penjelasan mengenai dampak pemanasan global terlebih bagi negara kita Indonesia, silahkan disimak baik-baik.

Dampak Pemanasan GlobalSource : http://www.flickr.com/photos/fajrinraharjo/9598397494/

1. Suhu Siang Hari Semakin Panas

Saya yakin banyak dari anda yang pernah mengeluhkan betapa panasnya suhu udara pada siang hari. Nah itu merupakan salah satu dari sekian banyak efek yang timbul akibat global warming yang terjadi dibumi ini. Suhu udara dipermukaan bumi semakin hari rasanya semakin panas saja dan ini membuat bumi ini semakin tidak nyaman ditempati.

2. Suhu Malam Hari Semakin Dingin

Banyak sekali kejadian-kejadian yang sifatnya anomali terjadi ketika adanya pemanasan global, salah satunya suhu udara pada malam hari semakin dingin. Kejadian seperti ini banyak terjadi didaerah-daerah di Indonesia utamanya yang berada didataran tinggi atau sekitar pegunungan. Hal ini juga membuat manusia menjadi tidak nyaman, terlebih ketika beristirahat dimalam hari.

3. Terjadinya Hujan Asam

Dampak pemanasan global lainnya adalah terjadinya hujan asam dibumi, dan ini tentu saja akan merugikan manusia. Tidak seperti hujan biasa, hujan asam bisa merusak segala sesuatu yang ada dibumi dan juga sangat berbahaya bagi manusia. Perlu diketahui bahwa hujan asam terjadi karena menumbuknya gas-gas seperti karbon monoksida dan nitrogen diatmosfer bumi.

4. Tenggelammnya Pulau-pulau Kecil

Global warming membuat glacier-glacier (salju-salju abadi) di Kutub Utara dan Selatan mencair, ini mengakibatkan permukaan air laut semakin hari semakin meningkat. Banyak pemerhati lingkungan yang menyatakan bahwa jika hal ini (pemanasan global) tidak segera ditindaklanjuti maka bukan tidak mungkin pulau-pulau kecil di Indonesia dan negara lainnya akan tenggelam.

5. Bencana Tsunami

Selain bisa menenggelamkan pulau-pulau kecil di Indonesia, meningkatnya pemukaan air laut akibat pemanasan global juga bisa menyebabkan abrasi atau banjir didaerah pesisir pantai bahkan bukan tidak mungkin terjadinya bencana tsunami. Tentu kita tidak mau kejadian Tsunami Aceh 2004 terulang lagi, maka dari ini itu kita harus sedini mungkin melakukan aktivitas go green.

6. Meningkatnya Intensitas Badai

Salah satu dampak yang diakibatkan oleh pemanasan global adalah meningkatnya intensitas badai. Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan bahwa ada keterkaitan yang erat antara peristiwa pemanasan global dengan terjadinya badai yang semakin sering terjadi. Perlu diingat bahwa badai sangat merugikan manusia karena dapat merusak segala sesuatu yang ada dibumi.

7. Kekeringan dan Gagal Panen

Salah satu efek buruk terjadinya pemanasan global adalah kekeringan dan gagal panen. Kita bisa melihat dari banyaknya lahan-lahan pertanian yang mengalami kekeringan dan gagal panen terlebih ketika musim kemarau. Ini jelas sangat merugikan karena bisa menurunkan produktivitas hasil pertanian dan mengurangi jumlah pendapatan para petani.

8. Peristiwa Kelaparan

Global Warming membuat sektor pertanian mengalami kemunduran karena menurunnya hasil pertanian. Kejadian ini dikhawatirkan bisa menimbulkan peristiwa kelaparan. Oleh karena itu diperlukan peran aktif semua pihak (masyarakat, organisasi, teknokrat, pemerintah, dll) agar berupaya meningkatkan hasil pertanian kita dengan menggunakan teknologi.

9. Timbulnya Berbagai Macam Jenis Penyakit

Pemanasan global juga memberikan dampak buruk kepada kesehatan umat manusia. Oleh sebab itu kita wajib menjalankan pola hidup bersih dan sehat agar tubuh ini kuat terhadap berbagai macam penyakit. Penyakit-penyakit yang bisa timbul akibat global warming adalah penyakit kulit, gizi buruk (busung lapar), alergi, sakit jantung, dan masih banyak lagi.

10. Berkurangnya Keanekaragaman Hayati

Dampak pemanasan global lainnya adalah special mahluk hidup banyak yang mati dan ini tentu mengurangi keanekaragaman hayati yang ada di Indonesia dan juga dunia. Para peneliti mengungkapkan bahwa pemanasan global akan menyebabkan kematian terhadap satu juta species mahluk hidup dalam kurun waktu setengah hingga satu abad kedepan.

Itulah pembahasan mengenai dampak pemanasan global yang saat ini tengah terjadi bagi Indonesia. Mengingat begitu buruknya dampak yang terjadi, maka sudah seharusnya kita berupaya untuk mengantisipasi terjadinya pemanasan global yang semakin buruk lagi. Hal tersebut bisa kita lakukan dengan cara-cara yang relatif sederhana seperti menanam pohon dipekarangan, bersepada keluar rumah, menggunakan energi listrik secara wajar, dll.

3 thoughts on “Dampak Pemanasan Global Bagi Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*