Inilah Daftar Perusahaan BUMN Terbaik di Indonesia

Peran perusahaan-perusahan BUMN di Indonesia sangatlah penting, karena mereka adalah salah satu penyumbang terbesar devisa negara. Menurut data yang telah kami himpun dari situs resmi Kementrian BUMN menunjukan bahwa Indonesia memiliki sekitar 142 BUMN, beberapa diantaranya adalah perusahaan dengan kinerja yang baik dan menghasilkan keuntungan besar. Dan inilah 15 perusahaan BUMN terbaik yang dimiliki Indonesia saat ini, mereka adalah:

Perusahaan BUMN TerbaikSource : http://www.flickr.com/photos/8928934@N02/1611452937/

1. PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk

PT Telkom merupakan perusahaan telekomunikasi dan informasi terbesar di Indonesia. Hal ini didasarkan atas jumlah pelanggannya yang besar, 15 juta pelanggan telepon tetap dan 104 juta pelanggan telepon seluler. Pendapatan Telkom ditahun 2009 mencapai lebih dari 64 triliun rupiah.

2. PT Bank Mandiri, Tbk

Sejak berdirinya ditahun 1998, Bank Mandiri menjelma menjadi bank terbesar di Indonesia dalam hal aset, deposit, dan pinjaman. Bank yang berkantor pusat di Jakarta dan memiliki sekitar 1.300 cabang ini diperkirakan mendapatkan pendapatan lebih dari 32,5 triliun rupiah.

3. PT Bank Rakyat Indonesia, Tbk

BRI merupakan salah satu bank terbesar di Indonesia yang dimiliki oleh Pemerintah Indonesia. Bank ini merupakan bank tertua di Indonesia, karena cikal bakal Bank BRI didirikan pada tahun 1895. Sampai saat ini Bank BRI tetap konsisten melayani kegiatan perbankan untuk masyarakat kecil.

4. PT Bank Negara Indonesia, Tbk

Bank BNI merupakan salah satu bank terbesar di Indonesia yang mayoritas kepemilikinnya adalah Pemerintah Indonesia. Bank yang berdiri satu tahun pasca kemerdekaan ini (tepatnya tanggal 5 Juli 1946) memiliki hampir seribu cabang yang tersebar didalam dan luar negeri.

5. PT Garuda Indonesia, Tbk

Maskapai penerbangan kebanggan Indonesia merupakan satu dari sepuluh maskapai penerbangan terbaik didunia versi Skytrax. Perusahaan plat merah ini telah berhasil melakukan reformasi sehingga perusahaan mendapatkan keuntungan besar.

6. PT Bio Farma

Bio Farma merupakan salah satu perusahaan terbaik milik pemerintah Indonesia yang produk-produknya mampu bersaing dipasar internasional. So, tidak salah jika perusahaan farmasi ini medapatkan predikat sebagai perusahaan BUMN berdaya saing global terbaik tahun 2013.

7. PT Semen Indonesia, Tbk

Semen Indonesia yang dahulu bernama Semen Gresik merupakan pabrik semen tersebar di Indonesia yang 51% sahamnya dimiliki Pemerintah Indonesia. Perusahaan yang berkantor pusat di Kota Gresik ini mendapatkan keuntungan hampir 16 triliun rupiah pada tahun 2011.

8. PT Angkasa Pura

Angkasa Pura merupakan perusahaan milik Pemerintah Indonesia yang fungsi utamanya adalah melayani lalu lintas udara dan bisnis bandar udara di Indonesia baik wilayah barat, tengah, maupun timur. Perusahaan ini dianugerahi sebagai BUMN logistik berdaya saing terbaik 2013.

9. PT Pertamina

Pertamina merupakan salah satu perusahaan BUMN terbaik di Indonesia, perusahaan ini masuk jajaran Fortune Global 500 tahun 2013 tepatnya diurutan 122. Pertamina merupakan satu-satunya perusahaan asal Indonesia yang masuk kedalam jajaran elit tersebut, salut!

10. PT Perusahaan Listrik Negara

Perusahaan yang didirikan pada tahun kemerdekaan Indonesia merupakan perusahaan yang melayani seluruh aspek kelistrikan yang ada di Indonesia ini. PLN merupakan satu dari tiga perusahaan BUMN yang mendapat predikat sebagai BUMN infrastruktur berdaya saing terbaik.

11. PT Krakatau Steel, Tbk

Krakatau Steel merupakan pabrik baja terbesar di Indonesia bahkan di Asia Tenggara yang dimiliki mayoritas sahamnya oleh Pemerintah Indonesia. Perusahaan yang berlokasi di Kota Cilegon tersebut membukukan pendapatan hampir 18 triliun rupiah ditahun 2011.

12. PT Jasa Marga, Tbk

Perusahaan yang fungsi utamanya menyelenggarakan jasa jalan tol ini merupakan perusahaan milik pemerintah Indonesia. Menurut beberapa pengamat kinerja Jasa Marga terbilang baik sehingga dinobatkan sebagai satu dari tiga BUMN infrastruktur berdaya saing terbaik 2013.

13. PT Kereta Api Indonesia

Meskipun perusahaan ini masih dalam kondisi merugi, tapi kinerjanya patut diacungi jempol. PT KAI berhasil mentransformasi perusahaannya menjadi lebih baik sehingga mulai dicintai masyarakat. Tahun 2013 dinobatkan sebagai BUMN dengan pelayanan publik terbaik.

14. PT Aneka Tambang, Tbk

Perusahaan pertambangan ini mayoritas sahamnya dimiliki Pemerintah Indonesia dengan 65% sedangkan sisanya 35% dimiliki oleh masyarakat umum. PT Antam memiliki 12 anak perusahaan yang berlokasi tidak hanya didalam negeri (indonesia) tetapu juga diluar negeri (Australia).

15. PT Perusahaan Gas Negara, Tbk

Perusahaan yang fungsi utamanya adalah mentransmisikan dan mendistribusikan gas dibumi Indonesia merupakan salah satu perusahaan BUMN ESDM terbaik. Mengenai status kepemilikannya, Pemerintah Indonesia memiliki saham 57% dan masyarakat umum 43%.

Nah itulah pembahasan mengenai 15 perusahaan BUMN terbaik di Indonesia versi tim Invonesia. Penilain tersebut tentu dipengaruhi oleh banyak faktor seperti kinerja, pelayanan kepada masyarakat, pendapatan, dan masih banyak lagi. Perlu diingatkan bahwa angka 1 sampai 15 tidak meunjukan bahwa perusahaan diangka 1 itu merupakan perusahaan BUMN terbaik. Tentu kami berharap agar seluruh BUMN dapat menunjukan performa terbaiknya sehingga masyarakat senang dengan pelayanannya dan perusahaan bisa mendapatkan pendapatan yang optimal.

2 thoughts on “Inilah Daftar Perusahaan BUMN Terbaik di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>