Contoh Bencana Alam Di Indonesia

Contoh bencana alam di Indonesia sudah tak terhitung lagi, sebagai manusia kita seharusnya bisa mengambil hikmah dari setiap kejadian tersebut. Jika kita menelisik lebih jauh, sebenarnya bencana alam yang terjadi disekitar kita tidak lepas dari ulah tangan-tangan jahil dari manusia itu sendiri. Untuk itu, sudah menjadi kewajiban kita bersama untuk menjaga dan melestarikan lingkungan alam disekitar kita. Dan inilah contoh bencana alam di Indonesia pada umumnya:

Bencana Alam Di IndonesiaSource : http://www.flickr.com/photos/11759284@N03/8393184681/

1. Tsunami

Tentu kita masih belum bisa melupakan peristiwa bencana alam tsunami yang melanda provinsi Nangroe Aceh Darussalam dan daerah-daerah dipesisir barat Pulau Sumatera pada penghujung tahun 2004 silam. Kejadian memilukan tersebut telah menghilangkan puluhan ribu nyawa dan ratusan ribu orang lainnya menjadi korban. Para ahli menyatakan bahwa Indonesia adalah negara yang rawan terkena tsunami, hal ini dikarenakan Indonesia memiliki garis pantai yang panjang (terpanjang didunia) dan Indonesia terletak dilempengan bumi yang labil.

2. Gempa Bumi

Indonesia adalah negara yang sering dilanda bencana alam gempa bumi, hal ini dikarenakan Indonesia terletak dilempengan bumi yang relatif labil (penyebab gempa tektonik) dan Indonesia juga berada didalam ring of fire (penyebab gempa vulkanik). Beberapa gempa bumi yang pernah terjadi di Indonesia dan menelan banyak korban jiwa antara lain Gempa Aceh (2004), Gempa Jogja (2006), Gempa Papua (1976), Gempa Flores (1992), Gempa Bali (1917), Gempa Nias (2005), dan Gempa Sumatera Barat (2009).

3. Banjir

Banjir merupakan fenomena alam yang sering terjadi di Indonesia, kota-kota yang sering dilanda banjir adalah Jakarta dan Bandung. Penyebab terjadinya banjir antara lain curah hujan yang tinggi dan juga perilaku manusia yang tidak bersahabat terhadap lingkungan seperti perambahan hutan dan membuang sampai tidak pada tempatnya. Beberapa peristiwa banjir yang melanda Indonesia diantaranya Banjir Jakarta (2007 dan 2013), Banjir Wasior (2010), Banjir Padang (2012), dan Banjir Bandung (2012).

4. Gunung Meletus

Letak Indonesia yang berada didalam ring of fire (cincin api) menyebakan Indonesia sering ditimpa bencana gunung meletus. Satu sisi hal ini menjadi keberkahan bagi Indonesia karena letusan gunung membuat tanah menjadi subur, tetapi disisi lain hal ini memberikan kesedihan bagi kita karena menelan banyak korban jiwa. Beberapa gunung meletus yang menelan banyak korban jiwa antara lain Letusan Gunung Krakatau (1883), Letusan Gunung Galunggung (1983), dan Letusan Gunung Merapi (2010)

5. Tanah Longsor

Tanah longsor merupakan bencana alam yang bisa dibilang sering terjadi dinegeri ini, terutama jika memasuki musim penghujan pada periode bulan September hingga Februari. Penyebab utama tanah longsor adalah curah hujan dengan intensitas tinggi dan juga hilangnya pohon-pohon yang berfungsi sebagai pencegah erosi. Kejadian tanah longsor yang terjadi di Indonesia antara lain adalah Tanah Longsor di Jawa Barat (2005), Tanah Longsor di Jawa Tengah (2012) dan Tanah Longsor di Jawa Timur (2013)

6. Badai (Angin Topan)

Sebagai negera yang berada didaerah tropis, Indonesia rawan terkena bencana badai (angin topan). Kenyataannya Indonesia tidak hanya terkena ekor badai saja (Badai Haiyan tahun 2013) tetapi juga disinggahi badai tropis tersebut (Badai Vamei tahun 2001). Terjadinya badai bisa sangat merugikan karena bisa menelan banyak korban jiwa dan merusak berbagai macam fasilitas umum. Badai juga bisa menyebabkan angin kencang, gelombang laut yang tinggi, dan curah hujan ekstrem yang dapat menghambat aktivitas manusia.

7. Wabah Penyakit

Bencana alam yang tidak kalah mengkhawatirkannya adalah tersebarnya wabah penyakit di Indonesia. Penyakit-penyakit tersebut diantaranya AIDS, kolera, malaria kaki gajah, cacar, dan penyakit-penyakit lainnya. Umumnya, bencana ini disebabkan oleh lingkungan yang tidak sehat dan tidak bersih yang bisa menyebabkan bakteri dan virus penyebab penyakit-penyakit tersebut berkembang. Untuk itu, pemerintah dibawah Kementerian Kesehatan Republik Indonesia gencar melakukan kampanye untuk membiasakan pola hidup sehat dan bersih.

Nah itulah pembahasan mengenai contoh bencana alam di Indonesia. Pada hakikatnya setiap kejadian yang terjadi didunia ini adalah kehendak Tuhan, kita hanya bisa pasrah dan mengambil hikmat dari setiap kejadian. Manusia diharapkan dapat menyadari dan tidak melakukan tindakan-tindakan yang menyebabkan bencana alam semakin parah seperti melakukan penebangan pohon secara liar dan membuang sampah tidak pada tempatnya. Semoga ditahun-tahun mendatang Indonesia dijauhkan dari berbagai bencana alam.

14 thoughts on “Contoh Bencana Alam Di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*