Ciri-ciri Masyarakat Madani Indonesia

Ciri-ciri masyarakat madani sudah ada di Indonesia, akan tetapi perlu upaya dan kerja keras dari semua pihak menciptakan masyarakat madani yang seutuhnya. Masyarakat madani itu sendiri berarti masyarakat yang beradab dengan menjunjung tinggi norma-norma yang berlaku dimasyarakat serta didukung oleh penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dengan kata lain, masyarakat madani adalah masyarakat yang menjungjung tinggi imtak dan iptek. Dan inilah ciri-ciri masyarakat madani di Indonesia.

Ciri-ciri Masyarakat MadaniSource : http://www.flickr.com/photos/qronoz/3427920511/

1. Free Public Sphere (Ruang Bebas Publik)

Salah satu karakteristik dari masyarakat madani adalah terdapat tempat bagi masyarakat (Free Public Sphere) untuk melakukan aktivitas publiknya secara bebas namun tetap harus dibarengi dengan rasa tanggung jawab. Masyarakat mendapatkan haknya secara penuh dan merdeka untuk menyampaikan pendapat, berserikat, berkumpul, berorganisasi termasuk mempublikasikannya kepada publik tanpa ada tekanan dari pihak manapun.

2. Demokratisasi

Demokratisasi sangatlah penting bagi terciptanya masyarakat madani didalam suatu negara, termasuk Indonesia. Demokratisasi itu sendiri merupakan sebuah proses menegakkan prinsip-prinsip demokrasi didalam sebuah negara demi terciptanya masyarakat yang menjungjung tinggi asas-asa demokrasi. Demokrasi ditegakkan oleh lima pilar yaitu LSM, Pers yang bebas, Supremasi hukum, Perguruan Tinggi dan juga Partai Politik.

3. Toleransi.

Ciri-ciri masyarakat madani lainnya adalah toleransi yang artinya sikap seseorang dalam menerima pandangan-pandangan yang berbeda dengan dirinya didalam segi apapun bisa politik, sosial, ekonomi, dan lain-lainnya. Sebagai negara yang heterogen tentu toleransi ini merupakan sikap yang harus dimiliki oleh setiap masyarakat Indonesia agar semboyan Bhinneka Tunggal Ika tetap tegak dibawah cengkraman Garuda.

4. Plularisme

Plularisme merupakan sikap yang mau menerima dengan tulus ikhlas suatu kondisi masyarakat yang majemuk. Indonesia merupakan negara yang majemuk dan ini merupakan salah satu kado terindah dari Tuhan untuk kita. Sudah sepatutnya bagi kita untuk mensyukuri hal ini dan menjadikannya sebagai sebuah kekuatan dan nilai positif untuk membangun Indonesia kearah yang lebih baik dengan semboyan berbeda-beda tetapi tetap satu jua.

5. Keadilan Sosial

Keadilan sosial atau yang biasa disebut social justice oleh berbagai kalangan merupakan salah satu syarat mutlak terciptanya masyarakat madani. Keadilan sosial itu sendiri bermakna setiap warga negara mendapatkan proporsi hak dan kewajiban yang seimbang didalam kehidupan sosial bermasyarakat. Sebagai negara yang berdaulat, Indonesia senantiasa menjungjung tinggi keadilan sosial karena tercantum didalam Pancasila sila ke-5.

6. Partisipasi Sosial

Partisipasi sosial merupakan bagian yang tak terpisahkan dari masyarakat madani yang senantiasa menegakkan demokrasi. Partisipasi sosial berarti setiap warga negara berhak dan berkewajiban untuk ikut serta didalam berpolitik dengan rasa tanggung jawab secara bersih tanpa adanya paksaan atau intimidasi dari pihak manapun. Partisipasi sosial ini banyak contohnya, seperti pemilihan kepada daerah, pemilihan presiden dan wakil presiden, dan lain-lain.

7. Supremasi Hukum

Indonesia adalah negara hukum dan senantiasa menegakkan supremasi hukum. Supremasi hukum merupakan bagian penting dari suatu negara dan juga merupakan salah satu ciri-ciri dari masyarakat madani. Masih banyak masyarakat Indonesia yang menganggap hukum dinegeri ini bagaikan sebuah pisau, tajam kebawah tetapi tumpul keatas. Seharusnya hukum ini bersifat netral yang artinya setiap warga negara memiliki kedudukan yang sama dimata hukum.

Pembahasan diatas adalah mengenai ciri-ciri masyarakat madani di Indonesia. Perlu dicatat bahwa karakteristik masyarakat madani di Indonesia sudah sangat kuat secara konstitusional karena ke-7 pilar-pilar tersebut merupakan bagian dari nilai-nilai luhur Pancasila dan butir-butir UUD 1945. Akan tetapi pada kenyataannya didalam kehidupan bermasyarakat, ke-7 pilar-pilar tersebut belum terlaksana secara sebenar-benarnya. Semoga kelak Indonesia menjadi negara yang maju dengan masyarakat madaninya yang senantiasa menegakkan ke-7 pilar-pilar tersebut.

18 thoughts on “Ciri-ciri Masyarakat Madani Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*