7 Gunung Tertinggi di Indonesia

7 Gunung tertinggi di Indonesia merupakan tujuh gunung-gunung tertinggi yang tersebar dimasing-masing pulau utama di Indonesia, seperti Pulau Sumatera, Pulau Jawa, Pulau Bali dan Nusa Tenggara, Pulau Kalimatan, Pulau Sulawesi, Kepulauan Maluku, serta Pulau Papua. Gunung Cartenzs Pyramid adalah gunung yang tertinggi di Indonesia dengan puncak Carstenzs / Jaya Wijaya, yang berada di Papua. Puncak Gunung Cartenzs Pyramid sudah sangat mendunia karena merupakan salah satu dari The Seven Summits (7 puncak gunung tertinggi di dunia). Dan inilah ke -7 gunung tertinggi di Indonesia :

Cartenzs PyramidSource : http://www.flickr.com/photos/indbox/4721611443/

1. Gunung tertinggi di Pulau Sumatera

Gunung tertinggi didaerah Sumatera adalah Gunung Kerinci, yang merupakan bagian dari deretan Pegunungan Bukit Barisan. Pegunungan Bukit Barisan membentang dari utara ke selatan sisi barat Pulau Sumatera. Puncak Gunung Kerinci berada diatas ketinggian 3.805 mdpl yang menjadikannya sebagai gunung api tertinggi di Indonesia. Gunung ini sungguh indah karena dikelilingi hutan hujan tropis Sumatera yang merupakan habitat asli fauna-fauna endemik Sumatera, seperti Harimau, Gajah dan Badak Sumatera.

2. Gunung Tertinggi di Pulau Jawa

Pulau Jawa memiliki puluhan gunung-gunung, baik aktif maupun tidak yang membentang dari barat ke timur Pulau Jawa. Dari puluhan gunung-gunung tersebut, Gunung Semeru yang merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa dengan ketinggian puncaknya (Mahameru) mencapai 3.676 mdpl. Gunung ini menjadi salah satu daerah favorit  para pendaki gunung karena memiliki keindahan alam sabana yang eksotis. Terlebih setelah gunung ini menjadi tempat dibuatnya film “5 cm”, gunung ini semakin digandrungi para pencinta alam sebagai destinasi berwisata.

3. Gunung Tertinggi di Sunda Kecil (Pulau Bali dan Kepulauan Nusa Tenggara)

Gunung Rinjani merupakan gunung tertinggi di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung Rinjani juga tercatat sebagai gunung api ke-2 tertinggi di Indonesia setelah Gunung Kerinci yang berada di Pulau Sumatera. Gunung Rinjani merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani, ini tercatat sebagai taman geologi yang berada di Indonesia menurut UNESCO. Gunung Rinjani juga merupakan daerah favorit pendakian untuk para pencinta alam karena keindahan gunung ini yang luar biasa.

4. Gunung Tertinggi di Pulau Kalimantan

Pulau Kalimantan merupakan pulau besar di Indonesia yang jarang sekali memiliki gunung dibandingkan dengan pulau-pulau besar lainnya. Gunung tertinggi di Pulau Kalimantan adalah Gunung Bukit Raya dengan ketinggian hanya sekitar 2.278 mdpl, coba bandingkan dengan ketinggian gunung tertinggi dipulau-pulau besar lainnya? Sebenarnya untuk keseluruhan Pulau Kalimantan, Gunung tertingginya adalah Gunung Kinabalu yang berada dinegara Malaysia.

5. Gunung Tertinggi di Pulau Sulawesi

Gunung tertinggi di Pulau Sulawesi berada di Kabupaten Enrekang, Provinsi Sulawesi Selatan, yaitu Pegunungan Latimojong. Puncak pegunungan ini adalah Rante mario dengan ketinggian 3.430 mdpl. Sebagai salah satu dari The Seven Summit-nya Indonesia, gunung ini seringkali dijadikan daerah pendakian bagi para pecinta alam. Untungnya, Gunung Latimojong ini merupakan gunung yang tidak aktif sehingga para pecinta alam bisa kapan saja melakukan pendakian digunung tersebut.

6. Gunung Tertinggi di Kepulauan Maluku

Kepulauan Maluku juga memiliki gunung tertinggi, yaitu Gunung Binaiya yang berada di Pulau Seram. Gunung Binaiya ini merupakan daerah yang dilindungi karena merupakan bagian dari Taman Nasional Manusela. Puncak Gunung ini berada pada ketinggian 3.027 mdpl dan gunung ini tidak termasuk gunung aktif/api. Gunung ini sedikit berbeda dengan gunung-gunung lainnya karena akan banyak sekali dijumpai sungai-sungai yang sangat lebar disekitar kaki gunung.

7. Gunung tertinggi di Pulau Papua

Siapa yang tak kenal Puncak Jaya Wijaya atau Cartenz? Puncak Cartenz merupakan puncak gunung tertinggi di Pulau Papua. Puncak gunung ini sangat tersohor sekali karena merupakan salah satu dari World Seven Summit, sekaligus merupakan puncak gunung tertinggi di Indonesia dan Australia/Oceania (Puncak tertinggi di Asia adalah Himalaya -red). Gunung ini sangat unik jika dibandingkan dengan gunung-gunung yang ada di Indonesia pada umumnya karena gunung ini ditutupi oleh salju abadi dibeberapa bagian dari pegunungan ini.


Fatal error: Uncaught CurlException: 6: name lookup timed out thrown in /home/tcsiglyw/public_html/wp-content/plugins/seo-facebook-comments/facebook/base_facebook.php on line 996