10 Universitas Terbaik di Indonesia

Webometrics adalah situs yang secara reguler melakukan pemeringkatan terhadap universitas-universitas terbaik didunia, termasuk universitas-universitas terbaik di Indonesia. Secara umum, Webomatrics melakukan pemeringkatan sebuah universitas dengan menggunakan dua faktor, yaitu Visibility (Impact) dan Activity (Presence, Openess, dan Excellent). Kedua faktor tersebut erat kaitannya dengan eksistensi universitas tersebut di internet. Dan inilah 10 universitas terbaik di Indonesia versi Webomatrics pada Januari 2013 :

Universitas Terbaik di IndonesiaSource : http://www.flickr.com/photos/dirgayuza/4411683185/

1. Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada adalah universitas terbaik di Indonesia, kampus yang berlokasi di Yogyakarta ini merupakan kampus favorit yang menjadi tempat tujuan para lulusan Sekolah Menengah Atas untuk mengenyam pendidikan lebih lanjut. Universitas tertua di Indonesia ini memiliki 18 fakultas (ditambah program pascasarjana) dan lebih dari 100 program studi.

2. Institut Teknologi Bandung

Kampus yang sering disebut MIT-nya Indonesia ini menempati urutan ke-2 sebagai universitas terbaik di Indonesia versi Webomatric. ITB berada dijantung kota Bandung, tepatnya di Jalan Ganeca 10, Kota Bandung. Dua mantan Presiden Indonesia, Ir Soekarno dan BJ Habibie pernah mengenyam pendidikan dikampus ini. saat ini, ITB memiliki 12 fakultas dan 62 program studi.

3. Universitas Indonesia

Webomatric memberikan peringkat ke-3 sebagai universitas terbaik di Indonesai kepada Universitas Indonesai. Kampus yang memiliki julukan The Yellow Jacket ini berlokasi di dua tempat, yaitu Salemba (Jakarta) dan Depok (Jawa Barat). Universitas Indonesia didirikan pada tahun 1848 dengan motto veritas (kebenaran), probitas (kejujuran), dan Iustitia (keadilan). Saat ini UI memiliki 13 fakultas dan juga dua program.

4. Universitas Gunadarma

Universitas Gunadarma merupakan satu-satunya kampus swasta yang mampu masuk kedalam 10 besar universitas terbaik di Indonesia, menempati urutan ke-4. Sama seperti Universitas Indonesia, kampus utama UG terletak di Kota Depok, Jawa Barat.

5. Universitas Brawijaya

Webomatrics menempatkan Universitas Brawijaya sebagai universitas terbaik ke-5 dinegeri ini. Kampus yang berlokasi di Kota Malang, Jawa Timur ini memiliki 12 fakultas, dua sistem pendidikan setara fakultas, dan 143 program studi (melingkupi diploma, sarjana, spesialis, master, dan juga doktor). Selain Webomatrics, lembaga pemeringkat seperti 4ICU pun menempatkan UB sebagai yang terbaik di Jawa Timur.

6. Universitas Diponegoro

Salah satu kampus favorit dinegeri ini adalah Universitas Diponegoro, Webomatrics menempatkan Universitas Diponegoro diperingkat enam kampus terbaik negeri ini. Kampus yang akrab dipanggil UNDIP ini beralamat di Jl. H. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Jawa Tengah untuk kampus utamanya. UNDIP sendiri memiliki tujuh kampus yang berlokasi di Kota Semarang dan Jepara dengan 11 fakultas.

7. Institut Pertanian Bogor

Institut Pertanian Bogor yang biasa disebut IPB adalah lembaga pendidikan terkemuka dinegeri ini yang fokus pada bidang Pertanian. IPB ada diurutan ke-7 sebagai kampus terbaik dinusantara ini menurut versi Webomatrics. Kampus IPB memiliki lima kampus yang tersebar di Kota Bogor dengan sembilan fakultas, satu sekolah pascasarjana dan juga program diploma.

8. Institut Teknologi Sepuluh November

Selain Universitas Brawijaya, Jawa Timur juga memiliki kampus yang dapat dibanggakan, yaitu Institut Teknologi Sepuluh November. Sama seperti ITB di Kota Bandung, ITS juga merupakan lembaga pendidikan yang menfokuskan diri pada bidang teknologi. Kampus yang berlokasi di Kota Surabaya ini berada di rangking 8 Best Indonesian University versi situs Webomatrics.

9. Universitas Padjajaran

Rangking ke-9 universitas terbaik dinusantara ini adalah Universitas Padjajaran atau bisa disingkat UNPAD. UNPAD  memiliki dua kampus utama yang berlokasi di Jalan Dipati Ukur (Kota Bandung) dan di Jatinangor (Kab Sumedang). Kampus yang identik dengan warna biru tua ini memiliki 11 fakultas dan juga 44 program studi. UNPAD merupakan salah satu kampus dengan akreditasi program studi A terbanyak di Indonesia (peringkat 4).

10. Universitas Airlangga

Urutan 10 versi Webomatrics untuk universitas terbaik dalam negeri adalah Universitas Airlangga. Sama seperti ITS, Universitas Airlangga juga berlokasi di Kota Surabaya, Jawa Timur, tepatnya Jalan Darma Husada. Saat ini, Universitas Airlangga memiliki tiga kampus dengan 13 fakultas (plus program pascasarjana). Motto kampus ini sangat luar biasa, yaitu Excellent with Morality (Sempurna dengan Moralitas).

9 thoughts on “10 Universitas Terbaik di Indonesia

  1. universitas muhamadiyyah enrekang jg OK LO kalo ga percaya lihat aja,dindingnya dari papan bangkunya banyak coretannya

  2. Jangan berbangga diri, UGM sebagai universitas kerakyatan selalu 'mengajarkan' mahasiswanya untuk rendah hati yang ditunjukkan dengan jas alma ny yg …. you knowlah :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>