10 Sungai Terpanjang di Indonesia

Kehidupan masyarakat Indonesia tidak bisa dilepaskan dari peranan sungai, karena merupakan salah satu sumber penghidupan, mulai dari pertanian hingga perdagangan. Sebagai negara yang 2/3 luas wilayahnya adalah lautan, tentu Indonesia memiliki sungai-sungai, baik itu sungai panjang maupun pendek, sungai besar maupun kecil. Hal itu dikarenakan lautan adalah pelabuhan terakhir air yang mengalir dari tiap-tiap sungai. Dan inilah 10 sungai terpanjang di Indonesia :

Sungai KapuasSource : http://www.flickr.com/photos/49638185@N05/6409724489/

1. Sungai Kapuas

Dengan panjang total hingga 1.178 km, Sungai Kapuas tercatat sebagai sungai terpanjang di Kalimantan dan juga di Indonesia. Sungai yang mengalirkan air dari mata air Pegunungan Muller hingga ke muara sungai di Selat Karimata ini terletak di Provinsi Kalimantan Barat. Sungai ini masih sedikit terjaga kelestariannya karena terdapat hutan hujan tropis yang masih dilindungi dibagian hulu Sungai Kapuas.

2. Sungai Mahakam

Sungai Mahakam merupakan sungai terpanjang di Kalimantan Timur, sungai ini pula merupakan salah satu sungai terpanjang di Indonesia. Sungai yang bermuara di Selat Makasar ini memiliki panjang 920 km. Hingga saat ini, Sungai Mahakam memiliki peranan yang sangat vital bagi masyarakat setembat sebagai sumber pengairan, lahan perikanan dan juga sarana transportasi umum.

3. Sungai Barito

Sama seperti Sungai Kapuas, Sungai Barito juga terletak di Kalimantan, tepanya di Kalimantan Tengah. Hulu Sungai Barito berada di Pegunungan Muller yang mengalirkan air hingga ke Laut Jawa. Sungai yang memiliki nama Lain Sungai Banjar dan Sungai China ini memilki panjang hingga 909 km dan menjadikannya sebagai salah satu sungai terpanjang di Kalimantan dan di Indonesia.

4. Sungai Batanghari

Sungai terpanjang dan terbesar di Pulau Sumatera adalah Sungai batanghari dengan panjang sungai hingga 800 km dan lebar sungai berkisar antara 200 – 650 meter. Sungai ini melintas di Provinsi Jambi dan Sumatera Barat, mengalirkan air dari Gunung Rasan hingga Laut China Selatan. Sungai ini menjadi saksi sejarah peradaban Melayu (Kerajaan Melayu, Sriwijaya dan Dharmasraya).

5. Sungai Musi

Sungai Musi terkenal sebagai salah satu ikon Kota Palembang, Sumatera Selatan. Sungai Musi merupakan sungai terpanjang di Sumatera dan sungai terpanjang ke-5 di Indonesia dengan panjang mencapai 750 km. Sungai ini mengalirkan air dari mata air di daerah Kepahiang (Bengkulu) hingga ke Selat Bangka. Sampai saat ini, Sungai Musi terkenal sebagai sarana transportasi utama bagi Masyarakat Sumatera Selatan.

6. Sungai Membramo

Sungai terpanjang lainnya adalah Sungai Membramo yang terletak di Papua. Sungai ini memiliki panjang sampai 670 km yang menjadikannya sungai terpanjang di Papua dan sungai terpanjang ke-7 di Indonesia. Sungai Membramo memiliki keanekaragaman hayati yang sangat tinggi sehingga banyak yang menjulukinya dengan sebutan “Amazon-nya Indonesia”.

7. Sungai Bengawan Solo

Sungai Bengawan Solo sudah sangat mendunia, karena namanya dijadikan judul sebuah lagu keroncong yang legendaris. Sungai ini merupakan sungai terpanjang di Pulau Jawa dengan panjang sungai mencapai 548,53 km yang mengalir di Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Sungai ini mengalir dari hulu sungai di Pegunungan Kidul hingga ke muara didaerah Gresik.

8. Sungai Digul

Selain Sungai Membramo, Papua juga memiliki sungai yang tidak kalah panjangnya, yaitu Sungai Digul. Sungai yang memiliki sebutan Tanah Merah ini memiliki panjang 546 km. Dinamakan Tanah Merah karena jika waktu musim penghujan tiba sungai ini akan menjadi merah keruh karena tipe tanah yang berlumbur. Sungai ini mengalirkan air dari mata air di Pegunungan Sterren hingga ke Laut Arafuru.

9. Sungai Indragiri

Sungai Indragiri merupakan salah satu sungai terpanjang diwilayah Sumatera, aliran sungai ini melintasi Provinsi Sumatera Barat dan juga Provinsi Riau. Menurut catatan, panjang sungai ini mencapai 500 km dengan kedalaman sungai antara 6 – 8 meter. Sungai ini mengalirkan air dari daerah Singkarak, Sumatera Selatan ke perairan Laut China Selatan.

10. Sungai Kahayan

Salah satu sungai terpanjang yang ada di Indonesia adalah Sungai Kahayan, tepatnya berada di Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Sungai yang bermuara di Laut Jawa ini memiliki panjang hingga 250 km. Sungai Kahayan merupakan salah satu onjek wisata andalan yang ditawarkan oleh Pemerintah Kalimantan Tengah, khususnya wisata susur Sungai Kahayan yang saat ini sangat digandrungi para wisatawan.

7 thoughts on “10 Sungai Terpanjang di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>