10 SMA Terbaik di Indonesia

Sebenarnya sangat banyak sekali SMA terbaik di Indonesia ini, kesemuanya itu merupakan sekolah favorit dan pilihan para siswa. SMA-SMA ini menghasilkan siswa-siswi yang cerdas secara intelektual, emosional dan juga spiritual. Tidak sedikit para alumninya merupakan orang terpandang dinegeri ini seperti pejabat, birokrat, dan juga pengusaha. Dan inilah 10 SMA terbaik di Indonesia

SMA 3 BandungSource : http://www.flickr.com/photos/seveners/5319539508/

1. SMA Taruna Nusantara, Magelang

SMA Taruna Nusantara merupakan salah satu sekolah menengah atas unggulan di Indonesia yang diakui memiliki kedisiplinan yang sangat tinggi, sehingga tidak sedikit masyarakat yang mencap kampus ini sebagai sekolah semi-militer. SMA yang berlokasi di Kota Magelang ini menerapkan sistem asrama, dimana SMA ini merupakan salah satu pelopor sekolah berasrama yang saat ini sedang menjamur.

2. SMA Negeri 8 Jakarta

Tak diragukan lagi SMA 8 Jakarta merupakan Sekolah Menengah Atas No 1 di ibukota, alumninya mendominasi kampus-kampus terkemuka negeri ini seperti Universitas Indonesia dan Institut Teknologi Bandung. Sekolah ini memiliki prestasi segudang baik nasional maupun internasional, tidak jarang peserta olimpiade internasional adalah siswa-siswi yang berasal dari SMA ini.

3. SMA Negeri 3 Bandung

SMA 3 Bandung merupakan Sekolah Menengah Atas yang sangat terpandang di Kota Bandung, sekolah ini dicap sebagai sekolah terbaik di kota kembang. Ada anekdot yang menyatakan bahwa SMA 3 Bandung merupakan sekolahnya ITB, artinya sebagian besar alumni SMA 3 Bandung mendominasi bangku perkuliahan di ITB. Prestasi yang diraih siswa-siswi SMA 3 Bandung tidak hanya mencakup nasional saja melainkan juga internasional.

4. MAN Insan Cendikia, Tangerang

MAN Insan Cendekia adalah lembaga pendidikan setingkat SMA yang sangat diperhitungkan dinegeri ini meskipun cukup terbilang baru. Sekolah yang akrab disapa IC ini sangat mengedepankan IPTEK yang dilandasi dengan IMTAK kepada setiap siswa-siswinya. Sekolah ini merupakan ide brillian dari Presiden Republik Indonesia ke-3, Bapak BJ Habibie.

5. SMA Negeri 3 Semarang

SMA Negeri 3 Semarang merupakan salah satu Sekolah Menengah Atas terbaik di Indonesia, bahkan Depdiknas menobatkan sekolah ini sebagai SMA terbaik di Indonesia. Sekolah yang beralamat di Jalan Pemuda No. 149 Kota Semarang ini memiliki prestasi yang sangat luar biasa, baik akademik maupun non akademik. Sekolah ini juga merupakan salah satu sekolah pelopor untuk sekolah bertaraf internasional.

6. SMA 1 Teladan, Yogyakarta

Sebenarnya nama akademiknya adalah SMA Negeri 1 Yogyakarta, akan tetapi masyarakat Jogja akrab menyebutnya dengan SMA 1 Teladan. SMA ini merupakan Sekolah Menengah Atas unggulan di Provinsi Yogyakarta dengan prestasi yang segudang sejak dulu kala. SMA ini sangat legendaris, karena sudah ada sejak jaman penjajahan kolonial Belanda dan sampai sekarang masih berdiri kokoh.

7. SMA Negeri 5 Surabaya

Smalabaya merupakan sapaan akrab untuk SMA Negeri 5 Surabaya, salah satu sekolah unggulan yang berada di Kota Surabaya, Jawa Timur. Alumninya mendominasi perkuliahan dikampus-kampus terkemuka negeri ini khusunya diwilayah Jawa Timur seperti Institut Teknologi 10 November, Universitas Airlangga, dan Universitas Brawijaya. Tidaklah mengherankan jika sekolah ini mendapatkan prosentasi tertinggi dalam penerimaan SMNPTN.

8. SMA Negeri 4 Denpasar

Salah satu Sekolah Mengenah Atas unggulan dan favorit dipulau dewata adalah SMA Negeri 4 Denpasar. Sekolah ini sangat unik dengan arsitektur yang bernuasa Bali, diakui sebagai sekolah yang sangat menjunjung tinggi budaya lokal. SMA yang beralamat di Jalan Rinjani, Kota Denpasar ini memiliki fasilitas yang memadai untuk membantu proses belajar para siswa-siswinya disekolah.

9. SMA Negeri Plus Riau

Meskipun terbilang sekolah baru, SMA Negeri Plus Riau jangan dilihat sebelah mata. SMA ini merupakan Sekolah Menengah Atas unggulan di Provinsi Riau, sekaligus menjadi sekolah acuan untuk SMA-SMA yang berada di Riau. SMA ini sangat didukung oleh fasilitas pendidikan, mulai dari sarana prasarana yang sangat mendukung hingga tenaga pengajar yang minimal strata 2.

10. SMAK 1 BPK Penabur, Jakarta

SMAK 1 BPK Penabur merupakan sekolah swasta jempolan diibukota dengan prestasi yang luar biasa. Sekolah ini sering sekali mengirimkan siswa-siswi pilihannya untuk berkompetisi dilevel nasional dan juga internasional, dan bahkan menjadi juaranya. Masyarakat ibukota mencap sekolah ini sebagai Sekolah Menengah Atas Swasta paling bergensi di Jakarta.

76 thoughts on “10 SMA Terbaik di Indonesia

  1. Gila ya pinter-pinter….Kayanya istilah GARBAGE IN, GARBAGE OUT berlaku
    gw liat PPDB Online 2013 jakarta :
    jalur Umum SMAN 8 Jakarta,
    Passing Grade rata2nya: 9,502.
    Max : 9,800, Min : 9,388…
    di Websitenya SMAN 8 Jkt aja : gw lihat yg masuk PTN aja : 380 murid….tahun 2013 skrg.
    amit…amiiitt

    • Paraaahhh…..udah gw cek websitenya SMA 8 Jkt.
      Gila men. OSN 2013 di Bandung : 4 emas, 1 perak, 3 perunggu
      PTN 2013 prosentase 91.85% ada 383/417 siswa
      Ini sekolah pinter2 amat anaknya.
      NEM rata2 PPDB online 2013, Umum : 9,502….
      Tinggi sekali rata rata UN nya.
      Belum 2 siswa masuk 10 besar UN SMA 2013 Nasional.
      Peringkat sekolah juga masuk 10 besar rata2 UN 2013 SMA se Indonesia

  2. SMA 8 Jakarta brooo….paling bagus. Cerdas, pintar2, karakternya kuat !
    Disiplinnya bagus. Yg masuk jawara2 SMP-SMP TOP semua. Spt : SMP Labschool, SMP Al Azhar, SMP Santa Ursula, SMP BPK Penabur, SMP 115, SMP 19, SMP 216, SMP 49, SMP 41, SMP 1 dsb dsb

  3. SMAN 8 Jakarta denger2 PTN 2013 lalu tembus UI 222 anak, ITB 115 anak, UGM 41 anak dsb2. Fakultas Kedokteran UI (FK UI) th 2013 : 26 anak….. hebat banget ya.

    UN 2014 aja BELOM…..eh udah 4 muridnya tembus Beasiswa Monbugokashu Jepang 2014…..Parah. Cewek semua lagi…..Nyerah gua. mit amiit. pinter2 amat

  4. insya allah tahun depan akan ada 10 smk terbaik di indonesia, karena pimpinan negeri ini orang baik yang sangat mendukung dunia pendidikan insya allah, ALLAH SWT, bersama orang-orang yang tulus dan baik.

  5. ngga ngaruh sma mah,…..sma gw terbelakang tp hanya gw satu2nya murid dr sekolah itu berdiri mungkin yg diterima di fkui,knp ko bisa karna gw baru menyadari cara belajar yg baik dan benar setelah lulus smp?dan sempat gagal masuk sman 1 bekasi itu semua wajar namun setelah sadar gw diterima di fkui jalur snmptn 2008

  6. apa yang gw alami mungkin 1 banding 10juta orang memang aneh tp itulah kenyataannya…..sma gw citra kencana kota bekasi…sma yg tidak mempunyai prestasi akademik sama sekali…….terbalakang bahkan ada murid dr smk ngga naik kelas tp pindah ke sma gw yg yayasan ini bisa lanjut sekaolah tdk mengulang,……klo aja gw sadar dr sd mungkin prestasi gw lebih gemilang,…………tp gw bersyukur dah keterima di fkui artinya gw dah mengalahkan siswa -siswi se -indonesia apalagi presaingannya paling ketat..nomor 1 di ptn

  7. Biarpun SMA saya ga masuk 10 sma di atas, yg penting pas kuliah bisa sekelas sama mereka yg lulus dari sma-sma di atas

  8. Iki piye le mbiji? saya alumni sma 1 jogja, merasa bangga sekolah saya masuk daftar. cuma terus terang saya bingung, ini caranya menilai bagaimana. SMA 3 be jogja rasanya juga bagus… Sedikit ralat, SMA 1 Jogja berdiri setelah kemerdekaan. Kalo tak salah tahun 1957.

  9. Gileeeeeee 8 jakarta,

    SMAN 8 Jakarta 2013

    Passing grade WIKIPEDIA Google :
    UN tertinggi …….. 9,800 (2013)
    UN terendah ……. 9,388 ♡(2013)
    UN rata2 …………. 9,502 (2013)

    OSN 2013 Bandung : 4 Emas, 1 Perak, 3 Perunggu

    PTN 2013 nya tembus 383 siswa (222 UI, 115 ITB, 41 UGM dan lain-lain) dari 417 siswa (91,84%)

    Tahun 2013, Kedokteran UI tembus 26 siswa (FK UI)

    10 Besar UN tertinggi se Indonesia 2013.
    Belum ada 2 Cewek di 10 besar UN tertinggi se Indonesia juga)
    Gracia no.7 (9,75) ITB
    Sarah no.10 ( 9,73) UI

    Jalur undangan SNMPTN, PPKB Ui, Talent Scouting tahun 2013 = 132 siswa
    Tahun 2014 belum UN aja alias msh jauh
    Udah ada yg dpt beasiswa monbukgakusho ke Jepang (4 siswi)
    Gilanya cewek cewek smua lagi

    Nyerah deh skolah gw. Tuh skolah pinter2smua anaknya.

    Aplg klas akselerasinya…….wuiiihhhh !!

    Gw perhatiin tuh 8 kalo bubaran sekolah anaknya cakep2, diem, keliatan pinter2 amatt !!

    Gw jd percaya sm pepatah “GARBAGE in, GARBAGE OUT”

  10. SMA 8 Jakarta. Bagus Banget !
    Olimpiade Sains 2013 di Bdg dapat 4 Emas, 1 Perak, 3 Perunggu

    Bandung sendiri aja sbg tuan rumah kalah

  11. SMA Labschool Kebayoran (Ketua : Prof. H Arief Rahman Hakim). Bagus banget, apalagi kelas Akselerasinya……mantafffff, ngeriiiii..

    • Haiii….gw SMP nya di Labsky (labschool Kebayoran). wkt SMA gw bingung lanjut Labsky apa masuk SMAN 8…… Akhirnya gw ngambil 8.
      sedih juga ninggalin Labschool Kebayoran. Cinta gw buat SMAN 8 Jkt dan SMP/SMA Labschool Kebayoran Jkt

    • SMAN 8 Jakarta. Murah, Bulanannnya…. Enggak mahal dah. Bapak Ibu kita pasti bangga kalo anaknya tembus situ.

      Trus kuliahnya di UI dan ITB deh. Pokoke 8 Top abiesszzz….

  12. mbak widya saya setuju pendapat anda, mestinya lembaga sekelas kemendikbud harus unujk aksi untuk info seperti ini , saya yakin mereka yang nulis gak salah hanya yang seharusnya bekerja gak ada karya nyata, mestinya di dirjen dan subdin sekolah menengah yang aktif merilis, okey jayalah indonesiaku , jujurlah bangsaku

  13. Jakarta : SMAN 8 Jakarta
    SMA Labschool Kebayoran
    SMAK 1 BPK Penabur
    SMA Santa Ursula
    SMAN 28
    SMAN 81
    SMAN 34
    SMAN 68
    SMAN 47
    SMAN 61
    SMAN 39
    SMA Islam Al Azhar Pusat 1
    SMAK Kolese Kanisius
    SMA Islam Al Izhar

  14. SMA 8 Bukit Duri…….Jakarta Selatan. udah PULUHAN TAHUN…. Umurnya TUA, masih bertengger No.1 aja di IBUKOTA.

    ALUMNI :
    Nicholas Saputra
    Tasya
    Indra Herlambang
    UYA Kuya
    Nugie
    Iwet Ramadhan
    Kepala Staff TNI Angkatan Darat 2014 (yg sekarang), dll

    Artis tapi OTAK nya encer-encer juga

    • Halooooo……….;;..;… gw abis tes siswa baru Labschool Kemarin. Hari minggu, 15/02/2014. Gila guy’s yg ikut tes seleksi sampe ribuan.
      Gila cyiiinn………..najong.. soalnya susah banget ! kayaknya gw gak keterima.
      Gila emang Labschool. UN 2014 masih lama dia udah tes seleksi. siswa baru… mampusss

  15. Bu, menurut saya pribadi apa yg dipaparkan di atas bisa dipercaya. Siapa yg ga kenal dg SMA-SMA tsb di atas? Kenapa Ibu menyatakan "ciri lain orang Indonesia, MUDAH DITIPU", apakah ada ciri negatif lainnya?

  16. Tapi gw kalo UN juga mau daftar SMAN 8 Jakarta. Gila cyiinnn….. gw cuma mau Labschool Kebayoran atau SMAN 8 Jakarta.
    Selain itu gw gak mau. Doain gw tembus salah satunya…….Please GOS… Let me in …. !!!

  17. Wikipedia 2013 : Passing Grade

    SMAN 8 Bukit Duri Jakarta :

    UN tertinggi 9,800 (2013)
    UN terendah 9,388 (2013)
    UN rata-rata 9,502 (2013)

    Berarti :
    NEM tertinggi 39,200 (2013)
    NEM terendah 37,552 (2013)
    NEM rata-rata 38,050 (2013)

    Lihat WIKIPEDIA 2013 ya …

  18. anda bilang gini mungkin karena sekolah anda tidak masuk di 10 terbaik. jadi mending berusaha lagi ya untuk jadi yang terbaik daripada anda gini malah saya melihat sekolah anda benar2 buruk dengan kata2 anda yang seperti ini :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>