10 Pulau Terbesar di Indonesia

Kita semua sudah mengetahui bahwasannya Indonesia adalah negara kepulauan terbesar didunia dengan lebih dari 17 ribu pulaunya yang terbentang dari Sabang sampai Merauke, dari Minangas sampai Pulau Rote. Dari sekian banyak pulau-pulau yang menjadi bagian dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia, tentu ada pulau-pulau besar dan pulau-pulau kecil. Dan inilah 10 pulau terbesar di Indonesia, antara lain:

Pulau Terbesar di Indonesiahttp://www.flickr.com/photos/37365478@N03/3465479992/

1. Pulau Kalimantan

Pulau yang didunia internasional disebut Borneo ini merupakan pulau terbesar ke-3 didunia setelah Greenland dan Papua. Pulau yang memiliki luas hampir empat pertiga juta kilometer persegi ini merupakan wilayah bagian dari tiga negara rumpun Melayu, yaitu Indonesia, Malaysia, dan juga Brunei Darussalam. Pulau ini masih memiliki hutan hujan tropis yang sangat luas sehingga tak mengherankan jika pulau ini memiliki keanekaragaman hayati yang amat kaya.

2. Pulau Papua

Pulau Papua berada diwilayah timur negara Indonesia, terdapat dua provinsi dipulau ini, yaitu Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat. Dengan luas wilayah 890.000 km² menempatkan pulau ini sebagai pulau ke-2 terbesar dunia setelah Greenland di Denmark. Pulau ini bukan hanya merupakan bagian dari wilayah Indonesia, melainkan juga bagian dari wilayah Papua New Guinea. Pulau ini merupakan pulau yang kaya akan barang-barang tambang seperti emas, perak, dll.

3. Pulau Sumatera

Pulau Sumatera berada diwilayah Indonesia bagian barat, merupakan pulau terbesar ke-3 di Indonesia dan ke-6 didunia. Saat ini terdapat 10 provinsi dipulau ini, dua diantaranya adalah provinsi baru hasil pemekaran di era reformasi ini. Pulau yang dikenal dengan sebutan lain Andalas ini memiliki luas hampir setengah juta kilometer persegi dengan jumlah penduduk melebihi lima puluh juta jiwa.

4. Pulau Sulawesi

Pulau yang dikenal dengan sebutan Celebes didunia internasional ini sangatlah unik, karena jika dilihat dari peta pulau ini seperti berbentuk huruf “K”. Pulau Sulawesi merupakan pulau terbesar ke-4 di Indonesia setelah Pulau Kalimantan, Papua, dan Sumatera. Akan tetapi, jika dihitung menurut jumlah populasinya, Pulau ini merupakan pulau dengan jumlah penduduk terbesar ke-3 di Indonesia setelah Pulau Jawa dan Sumatera.

5. Pulau Jawa

Bisa dikatakan Pulau Jawa merupakan “jantung” negeri ini, karena pusat pemerintahan negeri ini ada di Kota Jakarta, bagian dari Pulau Jawa. Pulau ini bukan merupakan yang terbesar dengan luas yang hanya 126.700 km², akan tetapi pulau ini merupakan pulau terpadat di Indonesia dengan 136 juta jiwa. Pulau ini merupakan barometer kehidupan masyarakat Indonesia dalam kehidupan sosial, politik dan juga ekonomi.

6. Pulau Timor

Dulu Pulau Timor sepenuhnya adalah milik Indonesia, akan tetapi sekarang sudah tidak lagi karena separuh dari pulau ini adalah bagian dari wilayah Timor Leste. Pulau ini merupakan pulau terbesar ke-6 di Indonesia dengan total luas wilayahnya sekitar 30.777 km². Secara administrasi, pulau ini merupakan bagian dari Provinsi Nusa Tengggara Timur yang beribukota di Kupang (Kota Kupang pun berada didalam pulau tersebut).

7. Pulau Halmahera

Pulau ke-7 terbesar di Indonesia adalah Pulau Halmahera yang merupakan bagian dari Kepulauan Maluku. Pulau ini memiliki luas sekitar 17.780 km² yang dihuni oleh sekitar satu perlima juta jiwa. Secara administrasi, Pulau Halmahera merupakan bagian dari Provinsi Maluku Utara dan pulau ini terbagi dalam lima kabupaten. Pulau Halmahera merupakan salah satu pulau di Indonesia yang kaya akan barang-barang tambang seperti emas, nikel, kobalt, dll.

8. Pulau Seram

Dengan luas wilayah sekitar 17.100 km² menempatkan Pulau Seram sebagai pulau terbesar ke-8 di Indonesia. Secara administrasi, pulai ini termasuk bagian wilayah dari Provinsi Maluku. Sejak dahulu kala, Pulau Seram sudah dikenal ke mancanegara karena merupakan daerah penghasil rempah-rempah. Selain itu, pulau ini juga memiliki bentang alam yang sangat indah dengan pegunungan dan hutan hujan tropisnya.

9. Pulau Sumbawa

Pulau Sumbawa merupakan pulau terbesar di Provinsi Nusa Tenggara Barat dan pulau terbesar ke-9 di Indonesia. Luas wilayah Pulau Sumbawa adalah 15.448 km², luas ini hampir 75% luas Provinsi Nusa Tenggara Barat. Dengan populasi hampir 1,5 juta jiwa, pulau ini memiliki kepadatan penduduk 100/km. Sama seperti Bali, pulau ini merupakan daerah tujuan wisata baik domestik maupaun mancanegera karena memiliki pantai-pantai yang cantik.

10. Pulau Flores

Berdasarkan luas wilayahnya, Pulau Flores adalah pulau terluas ke-2 di Nusa Tenggara Timur dan ke-10 di Indonesia. Pulau yang dalam Bahasa Portugis berarti “bunga” ini memiliki luas wilayah sekitar 14.300 km². Pulau Flores adalah bagian dari Provinsi Nusa Tenggara Timur yang terbagi kedalam delapan kabupaten. Pulau ini memiliki kekayaan alam yang sangat langka, seperti Komodo dan Danau Tiga Warna Kelimutu.

6 thoughts on “10 Pulau Terbesar di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>