10 Media Sosial Paling Populer di Indonesia

Indonesia merupakan salah satu negara pengguna media sosial terbesar didunia, salah satu yang menjadi sebab utamanya adalah sifat orang Indonesia yang suka sekali bersosialisasi. Media sosial merupakan media online dimana seorang pengguna dapat ikut serta berpartisipasi dalam media tersebut seperti menulis, membaca, berbagi atau apapun itu. Ada banyak media sosial yang bisa dijumpai diinternet, dan inilah 10 media sosial paling populer di Indonesia.

Media Sosial IndonesiaSource : http://www.flickr.com/photos/63627364@N03/6298544983/

1. Google

Siapa yang tak kenal Google? media online terbesar didunia ini merupakan salah satu media yang sering kita gunakan. Google menyediakan berbagai macam fasilitas yang mempermudah pengguna internet dalam berkomunikasi dan mencari informasi seperti layanan mesin pencari (Google) pesan elektronik (Gmail), jejaring sosial (Google Plus), dan masih banyak lagi.

2. Facebook

Facebook merupakan situs jejaring sosial terbesar didunia dengan jumlah penggunanya yang mencapai angka 1,3 milyar orang. Indonesia sendiri menempati urutan ke-4 negara pengguna Facebook terbesar didunia setelah Amerika Serikat, Brazil dan Indonesia. Menurut data yang ada pengguna aktif Facebook di Indonesia melebihi angka 65 juta orang, luar biasa!

3. Youtube

Salah satu media sosial paling populer di Indonesia adalah Youtube. Youtube merupakan situs berbasis video yang dimiliki oleh perusahaan media online terbesar didunia, Google Inc. Jumlah pengguna Youtube di Indonesia diperkirakan mencapai puluhan juta orang. Youtube telah mencetak artis-artis baru di Indonesia seperti Sinta Jojo, Briptu Norman, Udin Sedunia, dll.

4. Kaskus

Kaskus merupakan situs berbasis forum kebanggaan Indonesia yang saat ini memiliki jumlah anggota lebih dari 10 juta member. Situs yang dibuat oleh tiga orang mahasiswa Indonesia itu merupakan situs asli Indonesia terbaik menurut versi Alexa. Dalam forum tersebut kita bisa membaca, menulis, mengomentari, tulisan-tulisan yang kita sukai, do you love Kaskus?

5. WordPress

WordPress merupakan salah satu blogging platform yang banyak digunakan diseluruh dunia termasuk di Indonesia. Ada banyak alasan mengapa banyak blogger yang menyukai WordPress, beberapa diantaranya adalah karena mudah digunakan, tampilannya menarik, desainnya bagus, dan tersedianya banyak plugin-plugin yang membantu para blogger.

6. Twitter

Twitter merupakan media sosial berbentuk microblogging terpopuler di Indonesia. Jumlah pengguna Twitter di Indonesia sekitar 6,5% jumlah pengguna Twitter dunia atau lebih dari 32,5 juta pengguna. Ini menempatkan Indonesia sebagai negara pengguna Twitter terbanyak ke-3 didunia setelah Amerika Serikat dan Jepang. Apakah kamu pengguna Twitter juga?

7. Blogger

Blogger sama seperti WordPress yang merupakan blogging platform yang banyak digunakan oleh netizen asal Indonesia. Situs Blogger banyak digunakan pengguna internet di Indonesia kerena free (gratis), mudah untuk digunakan, dan tampilanya dapat dikastemisasi sesuai dengan keinginan kita (tentu harus punya dasar coding HTML, CSS dan PHP).

8. Wikipedia

Pertama kita harus mengucapkan terima kasih atas kehadiran Wikipedia dijagat internet, karena sejujurnya Wikipedia telah banyak membantu menyelesaikan tugas-tugas kita. Wikipedia merupakan ensiklopedia online tersebar yang menyediakan sumber-sumber informasi seputar ilmu pengetahuan manusia. Kamu pernah dibantu Wikipedia kan?

9. Ads ID

Ads Id merupakan situs berbasis forum yang mengkhusukan diri sebagai tempat berkumpul dan berbagi seputar cara mencari uang secara online diinternet. Forum komunitas yang memiliki anggota hampir 80.000 ribu member ini telah membatu menciptakan jutawan-jutawan baru dari internet baik sebagai publisher, advertiser, maupun marketer.

10. Kompasiana

Media sosial lainnya yang paling populer di Indonesia adalah Kompasiana. Kompasiana mengklaim bahwa dirinya merupakan media sosial warga terbesar di Indonesia. Kompasiana memperbolehkan setiap anggotanya untuk menulis, bercerita dan menayangkan tulisan apapun, baik berita, opini, ulasan, masukan, saran, karya fiksi dan lain-lainnya.

Nah itulah pembahasan mengenai 10 media sosial paling populer di Indonesia. Kamu bisa menggunakan salah satunya, beberapa diantaranya, atau bahkan kesemuanya untuk kepentingan kamu. Dan yang perlu digarisbawahi adalah manfaatkan itu dengan sebaik-baiknya dan gunakan dengan penuh rasa tanggung jawab.

2 thoughts on “10 Media Sosial Paling Populer di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*